STRATEGI TUTOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI PKBM NEGERI 21 TEBET

TIARA NURUL ANNISA, . (2020) STRATEGI TUTOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI PKBM NEGERI 21 TEBET. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PKBM Negeri 21 Tebet dengan tujuan untuk mengetahui dan juga mendeskripsikan bagaimana strategi tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik paket B. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analasis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar peserta didik paket B masih rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Strategi yang digunakan tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik paket B antara lain 1) melakukan pendekatan pada peserta didik, 2) menggunakan media pembelajaran yang menarik, 3) menggunakan metode diskusi kelompok, 4) memberikan reward atau penghargaan pada keberhasilan peserta didik, 5) mengetahui latar belakang peserta didik. This research was conducted at PKBM Negeri 21 Tebet with the aim to find out and also describe how tutors 'strategies in improve students' interest in learning in package B. This research is descriptive with a qualitative approach. The technique used in data collection in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study are students' interest in learning package B learning group is still low. This is influenced by internal factors and external factors. The strategies used by tutors in improve students 'interest in learning in package B include 1) approaching students, 2) using interesting learning media, 3) using group discussion methods, 4) giving rewards to students' success, 5) knowing the background of students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Adi Irvansyah, M.Pd. ; 2. Dr. Daddy Darmawan, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 1698 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2020 13:33
Last Modified: 19 Mar 2020 13:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item