FARADIBA EVITA WIDI PAMBAYUN, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA CANVA BERBASIS SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (65)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam membantu mengembangkan kemampuan menulis pada siswa, diperlukan metode yang sesuai dengan kemampuan belajar siswa kemudian dikemas dalam media pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran dengan metode scramble menggunakan Canva yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami cara menulis paragraf yang baik dan utuh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Diketahui bahwa pada hasil uji validitas dari ahli materi mendapat rata-rata penilaian kelayakan materi pada media sebesar 91,6%, uji validitas dari ahli media menunjukkan hasil sebesar 97,5%, dan hasil uji validitas oleh ahli bahasa menunjukkan persentase sebesar 63,8%. Kemudian pada uji coba media di dalam kelas, dapat disimpulkan bahwa hasil persentase dari angket respon guru yang didapat adalah 100%, serta pada hasil uji coba dengan 3 tahapan yang dilakukan yaitu one to one, small group, dan field test, nilai rata-rata keseluruhan yang didapat adalah 70,8%. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan media Canva berbasis metode scramble ini memiliki rata-rata secara keseluruhan 84,8% dan berada pada rentang kriteria presentasi 60% = SP = 84%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran dinyatakan valid dengan sedikit revisi. ***** In helping to develop writing skills in students, a method that is suitable for students' learning abilities is needed and then packaged in a fun learning media. This research aims to develop and produce learning media with the scramble method using Canva which is expected to help students understand how to write a good and complete paragraph. The research method used is research and development with the ADDIE model. It is known that the results of the validity test from material experts got an average assessment of the feasibility of the material on the media of 91.6%, the validity test from media experts showed a result of 97.5%, and the results of the validity test by linguists showed a percentage of 63.8%. Then in the media trial in the classroom, it can be concluded that the percentage result of the teacher response questionnaire obtained is 100%, and in the test results with 3 stages carried out, namely one to one, small group, and field test, the overall average value obtained is 70.8%. Based on data analysis, it is known that the development of Canva media based on the scramble method has an overall average of 84.8% and is in the range of presentation criteria 60% = SP = 84%. Based on this, it can be concluded that the learning media product is declared valid with minor revisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Herlina, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27475 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:58 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |