FERNANDO MOSES, . (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI YANG DIMEDIASI PRESTASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa akuntansi SMK Negeri Jakarta Utara serta bagaimana prestasi belajar dapat berlaku sebagai mediator dalam hubungan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau pada penelitian ini merupakan siswa kelas XII Akuntansi dari SMKN 12 dan SMKN 23 Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 106 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa efikasi diri, status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selain itu dalam menggunakan variabel mediasi terlihat prestasi belajar mampu memediasi secara positif pengaruh efikasi diri dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dengan demikian siswa dapat mempertimbangkan minat untuk melanjutkan pendidikannya dan orang tua dapat memberikan dukungan yang lebih kepada siswa agar prestasi belajar siswa dapat maksimal. Kata Kunci: Efikasi diri, status sosial ekonomi, prestasi belajar, minat melanjutkan pendidikan. **** This study aims to examine the influence of self-efficacy and parental socioeconomic status on the interest in continuing education to college for accounting students at SMK Negeri Jakarta Utara and how academic achievement can act as a mediator in this relationship. The research method used is a survey method with a quantitative approach. The accessible population in this study were class XII Accounting students from SMKN 12 and SMKN 23 Jakarta. The sample used was 106 people using the proportional random sampling technique. This study used multiple regression analysis. This study shows that self-efficacy, parental socioeconomic status and academic achievement have a positive and significant effect on the interest in continuing education to college. In addition, in using mediation variables, it can be seen that academic achievement is able to positively mediate the influence of self-efficacy and parental socioeconomic status on the interest in continuing education to college. Thus, students can consider their interest in continuing their education and parents can provide more support to students so that student academic achievement can be maximized. Keywords: Self-efficacy, socioeconomic status, academic achievement, interest in continuing education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ati Sumiati, S.Pd., M.M ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 27466 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 05:32 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 05:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |