REZAKI, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN VIDEO SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 05 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (804kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar mata pelajaran pendidikan pancasila membutuhkan solusi untuk meningkatkan keaktifan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif learning tipe Time Token yang berbantuan video. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keaktifan belajar pendidikan pancasila di kelas V Sekolah Dasar Negeri Tugu Utara 05 Pagi, Jakarta Utara. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis-Mc.Taggart yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil dari penelitian ini terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I menjadi aktif dan sangat aktif sebesar 40,625 %. Peningkatan terjadi pada siklus II mencapai 93,75% siswa berada pada kategori "Aktif" hingga "Sangat Aktif". Pada siklus III mencapai 93,75% dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe time token berbantuan video sebagai upaya peningkatan keaktifan belajar Pendidikan Pancasila. ***** Student learning activeness is one of the important factors in the learning process. The activeness of learning Pancasila education subjects requires a solution to increase this activeness. One of them is by using a video-assisted Time Token type cooperative learning model. This study aims to determine the activeness of learning Pancasila education in class V of Tugu Utara 05 Pagi State Elementary School, North Jakarta. The research used the Kemmis-Mc.Taggart model of classroom action research method which was carried out in three cycles. The results of this study showed an increase in student learning activeness in cycle I to be active and very active by 40.625%. The increase occurred in cycle II reaching 93.75% of students in the “Active” to “Very Active” category. In cycle III, it reached 93.75% by applying the cooperative learning model of time token type assisted by video as an effort to increase the learning activeness of Pancasila Education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Hj. Herlina, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27425 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:10 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |