SAPTA MUPAKAT TATAR PURBA, . (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMA PENGGERAK DKI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover dan halaman persetujuan kompres publikasi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III kompres new.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V - saja.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB VI saja.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
Lampiran-lampiran2-dikompresi (2).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) dengan menggunakan komponen evaluasi program CIPP yang (Konteks, Input, Proses, dan Produk) . Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, fokus penelitian ini adalah mengevaluasi pelaksanaan GLS di empat Sekolah Penggerak yaitu SMA Negeri 21 Jakarta Timur, SMAN 70 Jakarta Selatan, SMAN 71 Jakarta Timur dan SMAN 109 Jakarta Selatan di provinsi DKI Jakarta. Ada pun penelitian ini dilakukan dengan Metode pengumpulan data Survey, Observasi di Lapangan, Wawancara dan studi dokumentasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan bertahap dalam keterlibatan siswa dan guru. Pada periode awal, partisipasi siswa sangat rendah, namun seiring berjalannya waktu terjadi peningkatan minat membaca, meskipun hasil akhirnya belum merata pada seluruh siswa. Beberapa sekolah berhasil meningkatkan prestasi literasi siswanya, namun ada pula yang masih perlu diperkuat dalam implementasinya. Pada akhir masa evaluasi, program GLS di sekolah Penggerak menunjukkan kemajuan yang signifikan. Penelitian ini mempunyai dampak teoritis dalam bidang manajemen pendidikan, khususnya dalam merancang model manajemen Gerakan Literasi Sekolah dan pelaksanaan berbagai kegiatan yang di modifikasi dari awal diadakannya program ini di SMA Penggerak di provinsi Jakarta. Penelitian ini juga mempunyai dampak praktis sebagai pedoman dalam pembuatan peraturan terkait Gerakan Literasi Sekolah bagi otoritas pendidikan terkait. Program kegiatan yang ada di Sekolah Penggerak seperti komunitas Belajar dan Platform Merdeka Mengajar turut mendukung berkembangnya Pelaksanaan Program Kegiaran GLS di sekolah-sekolah. Penelitian ini menawarkan kontribusi baru dalam kajian teori terkait Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan mengintegrasikan pendekatan literasi holistik dan berbasis teknologi dalam konteks pendidikan menengah. Beberapa aspek keterbaruan teori adalah: Penelitian ini mengembangkan konsep literasi yang tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga literasi digital, literasi kritis, dan literasi informasi. Hal ini menjadikan GLS lebih relevan dengan kebutuhan kompetensi abad ke-21 Literasi tidak hanya dipahami sebagai kegiatan akademik, tetapi juga sebagai bagian dari pembentukan budaya belajar di sekolah. Untuk lebih memajukan pelaksanaan Gerakan Literasi, Sekolah harus melibatkan semua stakeholder (guru, siswa, orang tua, dan masyarakat) dalam pelaksanaan GLS, yang sebelumnya lebih fokus pada aktor utama, yaitu guru dan siswa. Menekankan pada penggunaan teknologi seperti perpustakaan digital, aplikasi evaluasi, dan media pembelajaran berbasis teknologi untuk memperluas akses dan efektivitas program literasi. Literasi dikaitkan dengan pengembangan karakter siswa, seperti rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan kemandirian belajar, yang menjadikannya leb ih dari sekadar tujuan akademik. This study aims to evaluate the implementation of the school literacy movement (GLS) program by using the evaluation components of the CIPP program (Context, Input, Process, and Product). Using a qualitative approach, the focus of this research is to evaluate the implementation of GLS in four Driving Schools, namely SMA Negeri 21 East Jakarta, SMAN 70 South Jakarta, SMAN 71 East Jakarta and SMAN 109 South Jakarta in DKI Jakarta province. This research was also carried out by Survey data collection methods, Field Observations, Interviews and documentation studies. The results show a gradual increase in student and teacher engagement. In the initial period, student participation was very low, but over time there was an increase in reading interest, although the final result was not evenly distributed to all students. Some schools have succeeded in improving the literacy achievements of their students, but there are still those that still need to be strengthened in their implementation. At the end of the evaluation period, the GLS program at the Driving school showed significant progress. This research has a theoretical impact in the field of education management, especially in designing the management model of the School Literacy Movement and the implementation of various activities that have been modified from the beginning of this program at SMA Penggerak in Jakarta province. This research also has a practical impact as a guideline in making regulations related to the School Literacy Movement for related education authorities.The program of activities at the Driving School such as the Learning community and the Independent Teaching Platform also supports the development of the Implementation of the GLS Activity Program in schools. This research offers a new contribution to the theoretical study related to the School Literacy Movement (GLS) by integrating a holistic and technology-based literacy approach in the context of secondary education. Some of the latest aspects of the theory are: This research develops a literacy concept that includes not only reading and writing skills, but also digital literacy, critical literacy, and information literacy. This makes GLS more relevant to the needs of 21st century competencies Literacy is not only understood as an academic activity, but also as part of the formation of a learning culture in schools. To further advance the implementation of the Literacy Movement, schools must involve all stakeholders (teachers, students, parents, and the community) in the implementation of GLS, which previously focused more on the main actors, namely teachers and students. Emphasizing the use of technology such as digital libraries, evaluation applications, and technologybased learning media to expand access and effectiveness of literacy programs. Literacy is associated with the development of a student's character, such as curiosity, responsibility, and learning independence, which makes it more than just an academic goal.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. R. Madhakomala, M.Pd 2). Prof. Dr. Eliana Sari,MM |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | SAPTA MUPAKAT TATAR PURBA . |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:51 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |