PENGEMBANGAN E-MODUL PERAWATAN TANGAN SMKN 27 JAKARTA

FARADILA LATIVA AHMAD, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PERAWATAN TANGAN SMKN 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN & RIWAYAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Perawatan Tangan dengan platform Canva sebagai sarana belajar mengajar di SMKN 27 Jakarta, memberikan pemahaman yang baik dan meningkatkan keterampilan dalam merawat tangan, dibutuhkan bahan ajar yang dapat memudahkan siswa dalam penggunaannya di era digital. Penelitian ini berjenis Resert & Development dengan mengunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang terdiri dari tahapan Analisis, Desain atau Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengembangan E-Modul menggunakan platform Canva sebagai alat untuk menciptakan modul pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Penelitian ini uji validitas produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media agar layak untuk dijadikan sumber belajar.Hasil dari E-modul ini memuat media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat membaca pada siswa dan mempermudah pemahaman materi. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi terhadap e-modul yang dikembangkan memiliki persentase kelayakan sebesar 87,7% dan dikategorikan bahwa produk tersebut adalah layak. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli media tahap 1 terhadap e-modul yang dikembangkan memiliki persentase kelayakan sebesar 62,6%, lalu ahli media tahap 2 memiliki presentase 69,3% dan dikategorikan bahwa produk tersebut adalah layak. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka e-modul dan perawatan tangan dinyatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci : ADDIE, E-Modul, Perawatan Tangan ***** This study aims to develop the E-Hand-Modules with the Canva platform as a means of teaching and learning at SMKN 27 Jakarta, providing good understanding and increasing skills in caring for the hand, it takes a teaching material that can make it easier for students to use in a digital era. This study was Resert & Development type by adding ADDIE models (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalumation), which consists of Analysis, Design or Design stages, Development, Implementation, and Evaluation stages. E-Module development uses the Canva platform as a tool to create interactive and innovative learning modules. This study was the validity of the products carried out by materially and media experts so that it is worthy of being a source of learning. The results of this E-modull contain interesting learning media to increase students’ interest in reading and simplifying material understanding. The results of the validation test carried out by material expert on e-modules developed have a feasibility percentage of 87.7% and categorized that the product is worthy. The results of the validation test carried out by phase 1 media e-modules developed have a eligibility percentage of 62.6%, then phase- medium experts 2 have percentages of 69.3% and categorized that the product is worthy. Based on the results of the assessment, e-modules and hand care are declared worthy of use. Keywords: ADDIE, E-Module, Hand Care

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurul Hidayah, M.Pd. ; 2). Dr. Aniesa Puspa Arum, M.Pd.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 27195 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:47
Last Modified: 06 Mar 2025 07:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54965

Actions (login required)

View Item View Item