PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MPLB DI SMKN 25 JAKARTA

AZAHRA SALSABILLAH, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MPLB DI SMKN 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kompetensi Keahlian MPLB di SMKN 25 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 108 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Dalam penelitian ini, analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas dan realibilitas, uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T, serta analisis koefisien determinasi. Teknik pengolah data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic Versi 26. Hasil penelitian ini didapatkan hasil Fhitung 37,789 > Ftabel 3.08. kemudian hasil uji koefisien regresi parsial (uji T) pada variabel penggunaan gadget didapatkan hasil Thitung 3,620 > Ttabel 1,982 dan variabel lingkungan teman sebaya didapatkan hasil Thitung 5,753 > Ttabel 1,982. Berdasarkan hasil pengujian simultan dan parsial tersebut, variabel penggunaan gadget (X1) dan lingkungan teman sebaya (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (Y). ***** This study aims to identify and analyze the effect of Gadget Use and Peer Environment on Learning Interest of MPLB Expertise Competency Students at SMKN 25 Jakarta. This study uses quantitative methods with a descriptive approach. The population in this study amounted to 144 students. Based on the Isaac and Michael table, the number of samples in this study were 108 respondents. The sampling technique used is proportional random sampling technique. The data collection method was carried out through a questionnaire with a Likert scale. In this study, data analysis was carried out, namely validity and reliability tests, analysis requirements tests consisting of normality tests and linearity tests, classical assumption tests consisting of multicollinearity and heteroscedasticity tests, multiple linear regression analysis, hypothesis testing consisting of F tests and T tests, and coefficient of determination analysis. The data processing technique in this study was carried out using the help of IBM SPSS Statistic Version 26. The results of this study obtained the results of Fcount 37.789> Ftable 3.08. then the results of the partial regression coefficient test (T test) on the gadget use variable obtained the results of Thitung 3.620> Ttabel 1.982 and the peer environment variable obtained the results of Thitung 5.753> Ttabel 1.982. Based on the simultaneous and partial test results, the gadget use variable (X1) and the peer environment (X2) have a positive and significant effect on learning interest (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Henry Eryanto, MM ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Azahra Salsabillah .
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:56
Last Modified: 07 Mar 2025 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54987

Actions (login required)

View Item View Item