UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI MELALUI VOKALISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E DI SMP NEGERI 265 JAKARTA (Penelitian pada Mahasiswa Semester IX Tahun Akademik 2024/2025 Jurusan Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni)

ANGEL T. YOHANA PURBA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI MELALUI VOKALISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E DI SMP NEGERI 265 JAKARTA (Penelitian pada Mahasiswa Semester IX Tahun Akademik 2024/2025 Jurusan Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang akurat tentang meningkatkan kemampuan bernyanyi peserta didik kelas VII E di SMP Negeri 265 Jakarta melalui vokalisi. Penelitian berlangsung di SMP Negeri 265 Jakarta pada bulan Januari sampai dengan Oktober 2024 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 peserta didik. Pada data pre-test nilai kemampuan bernyanyi peserta didik rendah yang menunjukkan bahwa hanya 2 peserta didik yang mencapai kriteria keberhasilan. Metode pada penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Lalu data dianalisis dengan menggunakan tes dan catan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan vokalisi dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi meliputi pernapasan, intonasi, artikulasi, sikap tubuh, dan ekspresi. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai pra-siklus sebesar 55,27 meningkat menjadi 69,86 (26,44%) pada siklus I, dan naik lagi menjadi 85,00 (21,77%) pada siklus II. Oleh karena itu, kegiatan vokalisi dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi peserta didik. ***** This study aims to obtain accurate data about improving the singing ability of class VII E students at SMP Negeri 265 Jakarta through vocalization. The research took place at SMP Negeri 265 Jakarta from January to October 2024 with a total of 36 learners. In the pre-test data, the students' singing ability scores were low which showed that only 2 students reached the success criteria. The research method is a class action research method. Research data were collected through observation, interviews, documentation, and literature study. Then the data was analyzed using tests and field notes. The results showed that the application of vocalization activities can improve singing skills including breathing, intonation, articulation, body attitude, and expression. This is indicated by the average pre-cycle score of 55.27 which increased to 69.86 (26.44%) in cycle I, and rose again to 85.00 (21.77%) in cycle II. Therefore, vocalization activities can improve students' singing ability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Caecilia Hardiarini, M.Pd. 2). Rien Safrina, M.A., Ph.D.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Angel T. Yohana Purba .
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:06
Last Modified: 07 Mar 2025 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55027

Actions (login required)

View Item View Item