UMI FA'IZATUL BAROROH, . (2025) PERAN MUSIK TRADISIONAL KOMPANG PADA GRUP KOMPANG NURUL JALAL DALAM MEMBANGUN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SUNGAI BENGKAL JAMBI (Penelitian pada Mahasiswa Semester IX Tahun Akademik 2024/2025 Jurusan Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Coverr.pdf Download (826kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam tentang peran musik tradisional Kompang pada grup Kompang Nurul Jalal dalam membangun Profil Pelajar Pancasila di Sungai Bengkal. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan sejak bulan April hingga Desember 2024 di Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Peserta penelitian ini adalah grup Kompang Nurul Jalal di Sungai Bengkal. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori dari Cresswell yang kemudian di reduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan sesuai dengan model Miles dan Huberman. Peneliti melakukan triangulasi data untuk mengkonfirmasi hasil penelitian dengan pakar yaitu Bapak Novpriadi S.Pd.I,Gr,M.Pd. Implikasi penelitian ini yaitu dapat menjadi acuan pertimbangan sekolah untuk memasukkan Kompang dalam kurikulum sekolah setempat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa musik tradisional Kompang pada grup Kompang Nurul Jalal berperan cukup signifikan dalam membangun Profil Pelajar Pancasila khususnya di Sungai Bengkal. Seluruh dimensi Profil Pelajar Pancasila tercermin melalui kegiatan Kompang namun tidak seluruh elemen termasuk dalam kegiatan Kompang. 1) Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, Kompang menanamkan nilai-nilai agama seperti sholat tepat waktu, berakhlak mulia dan sebagainya, 2) Dimensi berkebhinekaan global, Kompang berperan dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal sebab Kompang merupakan musik tradisional, 3) Dimensi gotong royong, Kompang merupakan satu kesatuan utuh yang mana sangat dibutuhkan kerja sama dalam memainkannya sehingga mendorong pelajar dalam berperilaku gotong royong untuk kepentingan bersama, 4) Dimensi mandiri, Kompang mendorong inisiatif pelajar untuk aktif dalam pengembangan dan keterampilan diluar dari waktu latihan, 5) Dimensi bernalar kritis, Kompang menjadikan pelajar melakukan proses berpikir, mereka dapat menganalisa dan mengevaluasi ide-ide baru terkait gerakan dan pukulan, 6) Dimensi kreatif, Kompang menjadikan pelajar mampu menciptakan dan menghasilkan ide-ide baru terkait gerakan dan pukulan. Keberadaan kesenian Kompang juga berperan penting dalam acara-acara yang diadakan masyarakat sebab Kompang sudah menjadi tradisi masyarakat. Kompang memiliki fungsi dalam masyarakat yaitu sebagai sarana komunikasi, sarana hiburan, mengintegrasikan masyarakat dan fungsi utama Kompang yaitu lebih kepada fungsi ritual agama khususnya agama Islam. ***** The purpose of this research is to obtain in-depth data on the role of traditional Kompang music in the Kompang Nurul Jalal group in building the Pancasila Student Profile in Sungai Bengkal. The research method uses a qualitative method with a descriptive approach. The study was conducted from April to December 2024 in Sungai Bengkal, Tebo Ilir District, Tebo Regency, Jambi Province. The participants in this study were the Kompang Nurul Jalal group in Sungai Bengkal. Data collection through observation, interviews and domentation. Data analysis uses Cresswell’s theory which is then reduced, presented and conclusions are drawn according to the Miles and Huberman model. Thr researchers conducted data triangulation to confirm the research results with experts, namely Mr. Novpriadi S.Pd.I,Gr,M.Pd. The implications of this study is that it can be a reference for schools to include Kompang in the local school curriculum. The results of the study show that traditional Kompang music in the Kompang Nurul Jalal group plays a significant role in building the Pancasila Student Profile, especially in Sungai Bengkal. All dimensions of the Pancasila Student Profile are reflected through Kompang activities. 1) Dimension of faith, devotion to God Amighty and noble character, Kompang instills religious values such as praying on time, noble character and so on. 2) Dimension of global diversity, Kompang plays a role in introducing and preserving local culture because Kompang is traditional music, 3) Dimension of mutual cooperation, Kompang is a whole unit which requires cooperation in playing it so that it encourages students to behave in mutual cooperation for the common good, 4) Dimension of independence, Kompang encourages students initiative to be active in development and skills outside of practice time, 5) Dimension of critical reasoning, Kompang makes students do the thinking process, they can analyze and evaluate new ideas related to movements and strokes, 6) Creative dimension, Kompang makes students able to create and produce new ideas related to movements and strokes. The existence of Kompang art also plays an important role in events held by the community because Kompang has become a community tradition. Kompang has a function in society, namely as a means of communication, a means of entertainment, integrating society and the main function of Kompang is more towards the function of religious rituals, especially Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Rien Safrina, M.A., Ph.D. ; 2). R.M. Aditya Andriyanto, S.Pd., M.Sn. |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Umi Fa'izatul Baroroh . |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 01:35 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 01:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |