RAFLI ADITIYA, . (2025) PENGEMBANGAN SOAL HOTS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA WARGA BELAJAR PAKET C PKBM GLOBAL MANDIRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang efektif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada warga belajar Paket C di PKBM Global Mandiri. HOTS merupakan keterampilan yang penting dalam pendidikan abad ke-21, yang menuntut peserta didik untuk tidak hanya mengingat informasi, tetapi juga menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan pengetahuan baru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan yang melibatkan wawancara dan observasi terhadap pengajar dan warga belajar untuk mengidentifikasi kompetensi yang perlu diukur. Selanjutnya, soal-soal HOTS dirancang berdasarkan kompetensi dasar yang berlaku dan disesuaikan dengan karakteristik warga belajar. Soal HOTS dirancang berdasarkan indikator berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan teori bloom. Di tahap selanjutnya soal HOTS di uji oleh para ahli masing masing dari ahli evaluasi dan ahli materi. Setelah tahap pengembangan, soal diuji coba kepada sekelompok warga belajar untuk mendapatkan umpan balik mengenai kejelasan, relevansi, dan tingkat kesulitan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal HOTS yang dikembangkan memiliki validitas sangat valid dan reliabilitas sangat reliabel (0,876), serta mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan efektif. Hasil dari test warga belajar dengan menggunakan soal HOTS menunjukan skor rata rata peserta didik sebesar 66. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan non-formal, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PKBM Global Mandiri. Kata kunci: HOTS, instrumen berpikir tingkat tinggi, warga belajar, Paket C ***** The purpose of this study is to develop effective Higher Order Thinking Skills (HOTS) questions to measure the higher-order thinking abilities of learners in the Paket C program at PKBM Global Mandiri. HOTS is an essential skill in 21st-century education, requiring students not only to recall information but also to analyze, evaluate, and create new knowledge. The research method used is research and development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The development process begins with a needs analysis involving interviews and observations of teachers and learners to identify the competencies that need to be measured. Subsequently, HOTS questions are designed based on the applicable basic competencies and tailored to the characteristics of the learners. The HOTS questions are formulated based on higher-order thinking indicators using Bloom's taxonomy. In the next stage, the HOTS questions are evaluated by experts, including evaluation and subject matter experts. After the development stage, the questions are tested on a group of learners to obtain feedback regarding the clarity, relevance, and difficulty level of the questions. The results of the study indicate that the developed HOTS questions have a very valid validity and a very reliable reliability (0.876), and are effective in measuring higher-order thinking abilities. The results of the learners' tests using HOTS questions show an average score of 66. This research is expected to contribute to the development of non-formal education, particularly in enhancing the quality of learning at PKBM Global Mandiri. Keywords: HOTS, higher order thinking skills, learners, Package C
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd. ; 2). Retno Dwi Lestari, S.Sy., M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rafli Aditiya . |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 01:35 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 01:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |