PEMANFAATAN ALAT BANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA DINDING BERLAPIS MATRAS TIPIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND PADA SISWA SMA KEMURNIAN II JAKARTA BARAT

IREDO OKTORA, . (2014) PEMANFAATAN ALAT BANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA DINDING BERLAPIS MATRAS TIPIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HANDSTAND PADA SISWA SMA KEMURNIAN II JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover & BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Abstrak dll.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar handstand pada siswa SMA Kemurnian II Jakarta Barat. Penelitian ini dilaksanakan SMA Kemurnian II Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melibatkan 2 kolaborator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing–masing siklus terdiri dari 2x pertemuan. Siklus I menggunakan alat bantu media pembelajaran dinding berlapis matras tipis dan dengan menggunakan gaya mengajar membelakangi dinding berlapis matras tipis dan siklus II menggunakan alat bantu media dinding yang dilapisi matras tipis namun menggunakan gaya mengajar menghadapi dinding berlapis matras tipis. Kondisi awal siswa yang diteliti belum bisa melakukan handstand bahkan cenderung takut dan kurang aktif di dalam pembelajaran. Hasil dari siklus I adalah sebagai berikut : (1) Guru memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana pembelajaran, hasilnya adalah siswa aktif 19, siswa sedang 8, dan siswa pasif 5 dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (2) Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas siswa pada pembelajaran handstand adalah 23,53, (3) Siswa yang belum mampu melakukan pembelajaran handstand 23 siswa (71%) yaitu belum mencapai batas ketuntasan minimal 72 Sedangkan siswa yang sudah mencapai batas ketuntasan minimal 9 siswa (28%). Hasil dari siklus II (1) Guru memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana pembelajaran, hasilnya adalah siswa aktif 23, siswa sedang 7, dan siswa pasif 2 dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (2) Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata-rata kelas siswa pada pembelajaran handstand adalah 30,94, (3) Siswa yang belum mampu melakukan pembelajaran handstand 7 siswa (21,8%) yaitu belum mencapai batas ketuntasan minimal 72 Sedangkan siswa yang sudah mencapai batas ketuntasan minimal 25 siswa (78,1%). Hasil akhirnya ada peningkatan siswa yang aktif dalam pembelajaran dan penurunan siswa yang kurang aktif serta pasif. Peningkatan juga terdapat pada nilai rata-rata kelas di siklus II. Maka pemanfaatan alat bantu media pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran handstand dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Yansens H. Jutalo, M.Pd. ; 2). Dr. Ir. Fattah Nurdin, MM.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 23 Oct 2019 15:56
Last Modified: 23 Oct 2019 15:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item