PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

NENENG WIDYA SOPA MARWA, . (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB I TESIS NENENG.pdf

Download (283kB)
[img] Text
3. BAB II TESIS NENENG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III TESIS NENENG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV TESIS NENENG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V TESIS NENENG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA NENENG.pdf

Download (364kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP NENENG KOMPRES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL berbantuan LKPD berbasis ESD terhadap keterampilan berpikir kritis, dengan mempertimbangkan gaya kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain treatment by level 2x2, yang dilaksanakan di SDN Cipayung 04 Pagi dan SDN Cipayung 05 Pagi, Kota Jakarta Timur. Data dikumpulkan melalui tes uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dan tes gaya kognitif berupa tes GEFT. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL berbantuan LKPD berbasis ESD dengan memiliki rerata skor 83.81, lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model PjBL berbantuan LKPD dengan rerata skor 72.42 (p-value 0.00 < 0.05); (2) terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik (p-value 0.003 < 0.05); (3) terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif field independent yang menggunakan model PjBL berbantuan LKPD berbasis ESD dengan memiliki rerata skor 84.58, lebih tinggi dibandingkan dengan model PjBL berbantuan LKPD yang memiliki rerata skor 69.94 (p-value 0.000 < 0.05); (4) tidak terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif field dependent yang menggunakan model PjBL berbantuan LKPD berbasis ESD meskipun memiliki rerata skor 82.69, lebih tinggi dibandingkan dengan model PjBL berbantuan LKPD yang memiliki rerata skor 79.29 (p-value 0.281 > 0.05). Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan LKPD berbasis ESD secara signifikan memengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar, meskipun pada peserta didik dengan gaya kognitif field dependent menunjukkan keterampilan berpikir kritis lebih tinggi ketika menggunakan model PjBL berbantuan LKPD berbasis ESD tetapi tidak secara signifikan.***** This study aims to determine the influence of the ESD-based LKPD-assisted PjBL model on critical thinking skills, taking into account the cognitive style of students. This study uses a quantitative approach with an experimental method and uses a 2x2 treatment by level design, which was carried out at SDN Cipayung 04 Pagi and SDN Cipayung 05 Pagi, East Jakarta City. Data was collected through a description test to measure students' critical thinking skills and a cognitive style test in the form of a GEFT test. The results of the study showed: (1) there was a significant difference in critical thinking skills of students who learned using the ESD-based LKPD-assisted PjBL model with an average score of 83.81, higher than students who used the LKPD-assisted PjBL model with an average score of 72.42 (p-value 0.00 < 0.05); (2) there was a significant interaction between learning models and cognitive styles on students' critical thinking skills (p-value 0.003 < 0.05); (3) there was a significant difference in students' critical thinking skills with a field-independent cognitive style that used the ESD-based LKPD-assisted PjBL model with an average score of 84.58, higher than the LKPD-assisted PjBL model which had an average score of 69.94 (p-value 0.000 < 0.05); (4) there was no significant difference in students' critical thinking skills with field-dependent cognitive style using the ESD-based LKPD-assisted PjBL model even though it had an average score of 82.69, higher than the LKPD-assisted PjBL model which had an average score of 79.29 (p-value 0.281 > 0.05). Based on these findings, it was concluded that the ESD-based LKPD-assisted PjBL model significantly affected students' critical thinking skills in science and science learning in elementary school, although students with field-dependent cognitive styles showed higher critical thinking skills when using the ESD-based LKPD-assisted PjBL model but not significantly.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Agung Purwanto, M.Si.; 2). Prof. Dr. Herlina, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Neneng Widya Sopa Marwa .
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:26
Last Modified: 10 Mar 2025 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55217

Actions (login required)

View Item View Item