PRAANGGAPAN DALAM IKLAN BCA PADA CHANNEL YOUTUBE SOLUSI BCA: ANALISIS PRAGMATIK

SYIFA AZZAHRA, . (2025) PRAANGGAPAN DALAM IKLAN BCA PADA CHANNEL YOUTUBE SOLUSI BCA: ANALISIS PRAGMATIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk praanggapan dan maksud penutur yang terdapat dalam iklan BCA melalui analisis pragmatik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Dengan menerapkan teori Miles dan Huberman, teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada analisis data, ditemukan adanya keenam jenis praanggapan dalam tuturan iklan. Jenis praanggapan yang paling banyak ditemukan adalah praanggapan eksistensial yang berjumlah 66 data. Jenis praanggapan ini dapat berfungsi untuk menjelaskan suatu produk, istilah perbankan, hingga tokoh dalam iklan. Sementara itu, jenis praanggapan yang paling sedikit ditemukan adalah praanggapan nonfaktif dengan hanya 1 data. Praanggapan nonfaktif hanya sedikit digunakan karena bisa menimbulkan ambiguitas. Jenis praanggapan lainnya terdiri atas praanggapan faktif dengan 7 data, praanggapan leksikal sejumlah 29 data, praanggapan struktural sejumlah 25 data, dan praanggapan kontrafaktual sejumlah 7 data. Setiap tuturan mengandung maksud yang berbeda-beda dengan menyesuaikan pada konteks dan latar belakang penutur dalam iklan.*** This research aims to describe the form of presupposition and speaker meaning that contained in BCA advertisements through pragmatic analysis. The research method used is a qualitative descriptive method. Data collection was based on documentation technique, free listening technique, and note taking technique. By applying Miles and Huberman’s theory, data analysis techniques are done through data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the data analysis, there are six types of presupposition in advertising utterances. The most common type of presupposition is existential presupposition which amounted to 66 data. This type of presupposition is function to explain a product, banking terms, and characters in advertisement. Meanwhile, the least found type of presupposition is nonfactive presupposition with only 1 data. Nonfactive presupposition is only used a little because it can cause ambiguity. Other types of presupposition consist of factive presupposition with 7 data, lexical presupposition with 29 data, structural presupposition with 25 data, and counterfactual presupposition with 7 data. Each utterance will contain different meaning depending on the context and background of the speaker in the advertisement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asisda Wahyu Asri Putradi, M.Hum. ; 2). Dr. Asep Supriyana, S.S., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 27554 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:59
Last Modified: 11 Mar 2025 03:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55402

Actions (login required)

View Item View Item