BAGAS PRAMUDYA, . (2024) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SOSIOLOGI KELAS X SMAN 65 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh antara interaksi sosial dalam keluarga terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMA 65 Jakarta. Interaksi dalam bentuk dukungan keluarga seperti dukungan emosional dan bentuk partisipasi orangtua dalam membantu proses belajar siswa dapat memengaruhi hasil belajar siswa sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel interaksi sosial dalam keluarga sebagai variabel bebas/independen (variabel X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat/dependen (variabel Y). Waktu penelitian dilakukan sejak bulan Januari hingga Mei 2024. Subjek penelitian terdiri dari 124 dengan teknik pengambilan sampel secara probability sampling dengan teknik simple random sampling dari populasi siswa kelas X SMAN 65 Jakarta tahun ajaran 2023/2024. Penghimpunan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang berisi 55 butir soal via google form. Proses mengolah dan menganalisis data menggunakan aplikasi Microsoft excel dan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai uji regresi linear sederhana adalah Y = 12,405 + 1,472X. Selain itu, hasil analisis regresi parsial dengan uji t menunjukan bahwa variabel X terhadap variabel Y memiliki nilai t hitung sebesar 15,498 > t tabel (1,979) yang berarti memiliki pengaruh parsial. Hasil uji R Square atau koefisien determinasi didapatkan sebesar 0,663. Dengan demikian hasil uji R Square (koefisien determinasi) variabel interaksi sosial dalam keluarga berpengaruh sebesar 66,3%, sisanya (33,7%) dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain di luar penelitian ini. This study aims to measure and determine the influence between social interaction in the family on the sociology learning outcomes of class X students of SMA 65 Jakarta. Interaction in the form of family support such as emotional support and forms of parental participation in helping the student learning process can affect student learning outcomes so as to achieve optimal learning outcomes. This research uses a quantitative approach with a survey method. The variables used in this study are variables of social interaction in the family as independent variables (variable X) and student learning outcomes as dependent variables (variable Y). The research was conducted from January to May 2024. The research subjects consisted of 124 with probability sampling technique with simple random sampling technique from the population of class X students of SMAN 65 Jakarta in the academic year 2023/2024. Data collection was carried out using an online questionnaire containing 55 items via google form. The process of processing and analyzing data uses Microsoft excel and SPSS 26 applications. The results showed that the simple linear regression test value was Y = 12.405 + 1.472X. In addition, the results of partial regression analysis with the t test show that variable X on variable Y has a t value of 15.498> t table (1.979) which means it has a partial effect. The results of the R Square test or the coefficient of determination were found to be 0.663. Thus the results of the R Square test (coefficient of determination) variable social interaction in the family has an effect of 66.3%, the rest (33.7%) is influenced by other variables or factors outside this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si Devi Septiandini, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Bagas Pramudya . |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:49 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |