AUDRI SEFTIANDI, . (2025) TINJAUAN BUKU PIANO ANAK BASIC DI SEKOLAH MUSIK JAYA SUPRANA SCHOOL OF PERFORMING ARTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan buku piano anak Basic di sekolah musik Jaya Suprana Schol of Performing Arts. Penelitian ini dilakukan karena adanya kontribusi komposer Indonesia dalam membuat buku ajar piano dengan adanya unsur kearifan lokal dalam segi musikalitas dan literasi yang ditujukan untuk tingkat Basic. Dalam penelitian Penggunaan Buku Piano Anak Basic Pada Sekolah Musik Jaya Suprana School of Performing Arts, metode yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode triangulasi untuk keabsahan data. Pada penelitian ini dilakukan tiga kegiatan observasi penggunaan buku Basic yaitu diantaranya kegiatan belajar, kegiatan gathering, dan kegiatan ujian kenaikan tingkat. Selain itu, kegiatan ini melakukan wawancara dengan guru, penulis, dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, buku Basic 1 dan Basic 2 merupakan repertoar musik tingkat dasar yang berisikan kumpulan karya-karya musik sederhana yang diperuntukan untuk peserta didik yang menempuh tingkat Basic 1 dan Basic 2 di sekolah musik Jaya Suprana School of Performing Arts. Kearifan lokal yang terdapat pada buku Basic 1 dan Basic 2 terletak pada musikalitas penggunaan tangga nada serta segi visualisasi yang merepresentasikan keberagaman unsur budaya Indonesia selain itu, Buku Basic memiliki elemen-elemen musik yang dirancang untuk tingkat Basic, seperti nilai not, birama, ekspresi musikal, dan tanda dinamika, menunjukkan bahwa Buku Basic 1 dan Basic 2 memberikan materi yang dapat membantu siswa memahami dasar-dasar notasi musik dengan jelas. Elemen-elemen tersebut juga mendukung perkembangan pemahaman musikal secara bertahap, dari yang sederhana pada Basic 1, menuju kompleksitas yang lebih tinggi pada Basic 2. Selain itu, tangga nada yang digunakan merupakan tangga nada pentatonik dimana sebagian dasar dapat membantu peserta didik mengenal struktur nada dengan lebih mudah dan cepat. Penelitian ini melibatkan partisipan diantaranya sejumlah peserta didik yang menggunakan buku Basic 1 dan Basic 2, guru, serta penulis dari kedua buku tersebut. Kata Kunci: Penggunaan buku piano anak, Pembelajaran musik, tingkat dasar, piano ***** This research aims to explore the use of Basic children's piano books at the Jaya Suprana School of Performing Arts. The study was conducted due to the contribution of Indonesian composers in creating piano teaching books that incorporate elements of local wisdom in musicality and literacy, aimed at the Basic level. In the research on the Use of Basic Children's Piano Books at the Jaya Suprana School of Performing Arts, a qualitative descriptive research method was used, with data collection techniques including interviews, observations, and documentation. The study also employed triangulation methods to ensure data validity. Observations were conducted in three main activities: learning sessions, gatherings, and promotion exams. In addition, interviews were conducted with teachers, authors, and students involved in the use of Basic 1 and Basic 2 books. Based on the findings, Basic 1 and Basic 2 books are beginner-level repertoires containing collections of simple musical works intended for students in the Basic 1 and Basic 2 levels at the Jaya Suprana School of Performing Arts. Local wisdom embedded in these books can be seen in the musicality of the scale usage and the visualization aspects that represent Indonesia's cultural diversity. Moreover, Basic books incorporate musical elements designed for beginner levels, such as note values, time signatures, musical expressions, and dynamic markings, showing that Basic 1 and Basic 2 provide materials that help students clearly understand the Basics of music notation. These elements also support the gradual development of musical comprehension, from simplicity in Basic 1 to more complexity in Basic 2. Additionally, the scale used is the pentatonic scale, which helps students recognize musical structures more easily and quickly. This research involved participants including students using the Basic 1 and Basic 2 books, teachers, and the authors of both books*****
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). R.M. Aditya Andriyanto, S.Pd., M.Sn. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Seni Musik > Musik Seni Musik > Literatur Musik Kesenian > Seni (umum) |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Audri Seftiandi . |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:15 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |