RANIA AMBARWATI, . (2025) KEGIATAN PEMBELAJARAN MENGAJI AL-QUR’AN DARING ANAK USIA 3-7 TAHUN PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF DI LEMBAGA MENGAJI DI SURABAYA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas kegiatan pembelajaran mengaji daring untuk anak usia dini yang masih bertahan setelah pandemi COVID-19. Fokus penelitian ini mencakup alasan kelas mengaji daring tetap bertahan, pengorganisasian waktu dan materi, pengaturan ruang serta material pembelajaran, penerapan metode dan peraturan dasar, serta penyampaian hasil belajar anak kepada orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di salah satu lembaga mengaji (lembaga ABT) yang telah memiliki lebih dari 8.000 pendaftar hingga saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecocokan dan kepuasan dengan pengajaran, fleksibilitas waktu dan tempat, serta ketertarikan anak terhadap media digital menjadi faktor utama yang membuat kelas mengaji daring tetap diminati. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran mengaji, seperti platform interaktif dan permainan edukatif, berkontribusi terhadap efektivitas serta keterlibatan anak dalam pembelajaran. Dengan memahami faktor-faktor yang mendukung keberlanjutan kelas mengaji daring, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan lembaga mengaji dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi orang tua dalam mendukung anak mereka dengan memberikan pendampingan dan pengajaran tambahan di rumah, sehingga pembelajaran mengaji dapat berlangsung lebih optimal dan berkelanjutan. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih dalam bagaimana kelas mengaji daring memengaruhi perkembangan anak dalam jangka panjang, termasuk dampaknya terhadap kebiasaan belajar, pemahaman nilai-nilai keislaman, serta pengaruhnya pada kehidupan mereka di masa remaja bahkan dewasa. Hal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas mengenai efektivitas pendidikan agama berbasis digital dalam membentuk karakter dan moralitas anak sejak usia dini. _______________________________________ This study examines online Quran learning activities for early childhood education that have persisted beyond the COVID-19 pandemic. The research focuses on the reasons why online Quran classes continue to thrive, time and material organization, classroom and learning materials management, implementation of teaching methods and basic rules, and the communication of children's learning outcomes to parents. This study uses a qualitative method at a Quran learning institution (ABT institution), which has more than 8,000 registered students to date. The findings indicate that compatibility and satisfaction with teaching methods, flexibility in time and location, and children's interest in digital media are key factors contributing to the continued popularity of online Quran classes. Additionally, the use of technology in Quran learning, such as interactive platforms and educational games, enhances engagement and effectiveness in teaching. By understanding the factors that support the sustainability of online Quran classes, this research is expected to serve as a reference for educators and Quran learning institutions in developing more engaging and effective teaching methods. Furthermore, this study can also guide parents in supporting their children by providing additional guidance and teaching at home, ensuring that Quran learning remains optimal and continuous. Future research can further examine the long-term impact of online Quran learning classes on children's development, including their study habits, comprehension of Islamic values, and their influence on adolescent and even adult life. Such studies would offer deeper insights into the effectiveness of digital-based religious education in fostering character development and moral formation from an early age.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Sri Wulan, M.Si. 2. Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Rania Ambarwati . |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 06:57 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 06:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |