HERMAN YOSEPH, . (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL TERHADAP IMPLEMENTASI BUDAYA LEMBAGA KEPENDIDIKAN PADA PERKUMPULAN STRADA SE DAERAH KHUSUS JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover Tesis Herman Yoseph_1111822076_Final.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN TEORETIK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_Tesis Herman.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kepemimpinan transformasional dan hubungan interpersonal memiliki peran penting dalam membentuk dan mengimplementasikan budaya organisasi, khususnya di lembaga kependidikan. Namun, masih terdapat kesenjangan dalam pemahaman mengenai bagaimana kedua faktor ini berkontribusi terhadap budaya organisasi di sekolah-sekolah yang berada dalam satu perkumpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan hubungan interpersonal terhadap implementasi budaya organisasi pada Perkumpulan Strada se-Daerah Khusus Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan desain sequential explanatory, yang diawali dengan pendekatan kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan eksplorasi kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang berasal dari 9 SMP Strada di wilayah Jakarta. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan direktur Perkumpulan Strada untuk memahami lebih lanjut hasil temuan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai t-hitung berturut-turt pada pengaruh kepemimpinan transformasional 2,468, Pengaruh Hubungan Interpersonal 5,007 dan > t-tabel 2,365 implementasi budaya organisasi. Serta nilai t-hitung hubungan interpersonal 17,273 > t-tabel 2,365 kepemimpinan transformasional. Hal ini dapat dikatakan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi budaya organisasi. Pemimpin yang mampu menginspirasi, memberikan motivasi, serta membangun visi yang kuat, berkontribusi pada peningkatan nilai-nilai budaya organisasi di sekolah. Selain itu, hubungan interpersonal yang harmonis dengan dukungan otonomi, kompetensi dan keterhubungan turut memperkuat implementasi budaya organisasi dengan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kolaboratif dan inklusif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan transformasional dan hubungan interpersonal merupakan faktor krusial dalam membangun budaya organisasi yang efektif di lembaga kependidikan dengan pengaruh sebesar 68,69 %. Implikasi dari hasil ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan peningkatan kapasitas kepemimpinan dan penguatan hubungan kerja di lingkungan sekolah. ***** Transformational leadership and interpersonal relationships play an important role in shaping and implementing organizational culture, especially in educational institutions. However, there is still a gap in understanding how these two factors contribute to organizational culture in schools within the same association. This study aims to analyze the influence of transformational leadership and interpersonal relationships on the implementation of organizational culture in Perkumpulan Strada schools throughout the Special Region of Jakarta. This study employs a mixed-methods approach with a sequential explanatory design, beginning with a quantitative approach followed by qualitative exploration. The research sample consists of 100 respondents from nine SMP Strada schools in Jakarta. Quantitative data were collected through questionnaires and analyzed using linear regression, while qualitative data were obtained through in-depth interviews with the director of Perkumpulan Strada to further elaborate on the quantitative findings. The results indicate a t-count value of 2.468 for the influence of transformational leadership, and 5.007 for the influence of interpersonal relationships, both exceeding the t-table value of 2.365 for the implementation of organizational culture. Additionally, the t-value of interpersonal relationships (17.273) is greater than that of transformational leadership (2.365), indicating a stronger impact. These findings suggest that transformational leadership has a positive and significant effect on the implementation of organizational culture. Leaders who inspire, motivate, and build a strong vision contribute to strengthening organizational values in schools. Furthermore, harmonious interpersonal relationships - supported by autonomy, competence, and connectedness - reinforce the implementation of organizational culture by fostering a more collaborative and inclusive work environment. In conclusion, transformational leadership and interpersonal relationships are crucial factors in establishing an effective organizational culture in educational institutions, with a combined influence of 68.69%. These findings serve as a foundation for developing policies aimed at enhancing leadership capacity and strengthening workplace relationships within the school environment.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag., M. Pd.; 2). Prof. Dr. Supadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FIP > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Herman Yoseph, S.Pd. . |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 01:22 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 01:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |