ARIEF AKBAR, . (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Arief Akbar_Cover.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
Arief Akbar_BAB 1.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
Arief Akbar_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Arief Akbar_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Arief Akbar_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Arief Akbar_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Arief Akbar_Daftar Pustaka.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
Arief Akbar_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa SMK Negeri di Jakarta Timur dengan mempertimbangkan nilai dari mata pelajaran Akuntansi Dasar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 124 siswa. Teknik pengujian yang digunakan adalah analisis jalur dan uji hipotesis yang terdiri dari uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi belajar, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Dari hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar siswa, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa dan sebaliknya. Semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin tinggi hasil belajar siswa dan sebaliknya. Semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka motivasi siswa untuk belajar akan semakin tinggi juga sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar dan sebaliknya. Rekomendasi bagi siswa, untuk meningkatkan hasil belajar, sebaiknya siswa lebih memperhatikan kemandirian belajar dan motivasi belajar pada dirinya, berupa lebih memperhatikan perhatian penjelasan yang diberikan oleh guru. Kemudian untuk meningkatkan kemandirian belajar, siswa diharapkan mampu untuk memfokuskan dirinya ketika kegiatan pembelajaran akuntansi dasar berlangsung. Dan terkahir, untuk meningkatkan motivasi belajar, sebaiknya siswa memiliki keinginan untuk mendapatkan timbal balik atas apa yang mereka lakukan seperti pujian atas nilai-nilai yang diperolehnya. Serta bagi penelitian selanjutnya diharapkan peneliti lainnya meneliti dengan variabel yang sama namun dengan indikator yang berbeda atau dengan variabel yang berbeda, suapaya dapat memperluas ilmu pengetahuan terkhusus yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. ***** This research aims to examine the effect of learning independence on learning outcomes through the learning motivation of State Vocational School students in East Jakarta by considering the value of the Basic Accounting subject. The method used is a quantitative method. The sampling technique used proportional random sampling, so that a research sample of 124 students was obtained. The testing technique used is path analysis and hypothesis testing consisting of the T test. The results of this study show that there is no significant influence between learning independence on learning outcomes, there is a positive and significant influence between learning independence and learning motivation, there is a positive influence and there is a significant relationship between learning motivation and learning outcomes, and there is a positive and significant influence between learning independence on learning outcomes through learning motivation. These results show that the higher the student's learning independence, the higher the student's learning motivation and vice versa. The higher the student's learning motivation, the higher the student's learning outcomes and vice versa. The higher the student's learning independence, the higher the student's motivation to learn, which can influence learning outcomes and vice versa. Recommendations for students, to improve learning outcomes, students should pay more attention to their learning independence and learning motivation, in the form of paying more attention to the explanations given by the teacher. Then, to increase learning independence, students are expected to be able to focus themselves when basic accounting learning activities take place. And finally, to increase learning motivation, students should have the desire to get feedback for what they do, such as praise for the grades they get. And for further research, it is hoped that other researchers will research the same variables but with different indicators or with different variables, so that they can expand knowledge specifically related to student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ati Sumiati, M.M ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Arief Akbar . |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 06:43 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 06:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |