UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR PAKET B DI PKBM NEGERI 21 TEBET

RATU ZULFA IRANDHA, . (2020) UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR PAKET B DI PKBM NEGERI 21 TEBET. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER-1515151487.pdf

Download (209kB)
[img] Text
2.ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4.LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (197kB)
[img] Text
5.SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
6.KATA PENGANTAR.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI .pdf

Download (203kB)
[img] Text
8.BAB 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
9.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
10.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
11.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
12.BAB 5.pdf

Download (216kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
15.LAMPIRAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
16.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar warga belajar Paket B di PKBM Negeri 21 Tebet (2) Untuk menjelaskan upaya-upaya apa saja yang dilakukan tutor meningkatkan motivasi belajar warga belajar; (3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 1 orang kepala PKBM, 2 orang tutor dan 3 orang warga belajar. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Motivasi belajar warga belajar paket B rendah. (2) Upaya-upaya yang dilakukan tutor antara lain: (a) upaya akademik tutor, antara lain: memberikan apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan acuan materi, dan mempertimbangkan penggunaan metode dan media pembelajaran; (b) upaya non akademik melalui performa tutor, keaktifan tutor dan pemberian pujian/hukuman. (3) Faktor pendukung, antara lain: (a) letak PKBM Negeri 21 Tebet yang strategis; b) motivasi dan kualifikasi tinggi yang dimiliki oleh tutor. Faktor pengambat, antara lain: (a) faktor pekerjaan; (b) cuaca yang tidak mendukung seperti hujan dan mati listrik. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Bagi tutor, seperti memberikan contoh untuk rajin hadir dalam pembelajaran, mengajak warga belajar untuk hadir dan aktif dalam pembelajaran, dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dalam menyampaikan materi; (2) Bagi warga belajar, seperti meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran. This study aims (1) to describe the learning motivation of learning citizens of Package B in PKBM Negeri 21 Tebet (2) to explain what efforts made by tutors increase learning motivation of learning citizens; (3) To explain the supporting and inhibiting factors in increasing learning motivation of learning citizens. This research use desciptive qualitative approach. Data collection techniques used through interviews, observation, and documentation. The research subjects totaled 6 people, consisting of 1 PKBM head, 2 tutors and 3 learning residents. Data validity techniques in this study include: source triangulation and method triangulation. Data analysis techniques used in this study include: (1) data collection; (2) data reduction; (3) data presentation; (4) drawing conclusions. The results obtained in this study: (1) The learning motivation of citizens learning package B is low. (2) Efforts made by tutors include: (a) tutors' academic efforts, including: giving apperception, explaining learning objectives, providing reference material, and considering the use of learning methods and media; (b) non-academic endeavors through tutor performance, tutor activity and praise / punishment. (3) Supporting factors include: (a) strategic location of PKBM Negeri 21 Tebet; b) motivation and high qualifications held by the tutor. Inhibiting factors include: (a) employment factors; (b) unfavorable weather such as rain and power failure. Based on these conclusions it is suggested: (1) For tutors, such as giving examples to be diligent in learning, inviting learning citizens to be present and active in learning, and making the best use of time in delivering material; (2) For citizens to learn, such as increasing learning motivation, increasing activity in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1).Dr.Elais Retnowati,M.Si. ; 2).Jaenal Mutakim,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 1472 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2020 11:46
Last Modified: 19 Mar 2020 11:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5569

Actions (login required)

View Item View Item