HUBUNGAN PENERAPAN DISIPLIN ORANG TUA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SMPN JAKARTA PUSAT. Sarjana Thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

QONITA AMALIA, . (2025) HUBUNGAN PENERAPAN DISIPLIN ORANG TUA DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SMPN JAKARTA PUSAT. Sarjana Thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait hubungan antara penerapan disiplin orang tua dengan kesejahteraan psikologis remaja pada siswa siswi di sekolah SMP Negeri 181 Jakarta Pusat.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penlitian ini adalah Convinience sampling yang termasuk dalam non probability samping dimana sampel dipilih berdasarkan kemudahan akses, ketersediaan, dan kenyamanan bagi peneliti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 202 responden siswa siswi kelas VII, VIII,IX SMP Negeri 181 Jakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah Psychological Wellbeing Scale dari Ryff (1989) dan telah di adaptasi oleh Nurul (2023) dan Skala Parental Discipline dari Hoffman (1967) yang telah diadaptasi oleh Anindya (2016) dan disebarkan melalui google form. Uji Validitas item pada instrumen Kesejahteraan Psikologis ditemukan 2 item yang tidak valid dan pada item penerapan disiplin ditemukan 4 item yang tidak valid. Uji Reliabilitas pada variabel Kesejahteraan Psikologis sebesar 0.741 dan pada variabel penerapan disiplin sebesar 0.740. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara variabel penerapan disiplin orang tua dengan variabel kesejahteraan psikologis pada siswa siswi SMP Negeri 181 Jakarta, ha diterima dan ho ditolak nilai Sig sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.005. Pada variabel kesejahteraan psikologis berada pada kategori Moderate Psychological Wellbeing dengan persentase sebesar 57,64 dan pada variabel penerapan disiplin orang tua berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 70,39.***** The research was conducted to provide an understanding of the relationship between the application of parental discipline and adolescent psychological well- being in students at SMP Negeri 181 South Jakarta.The research method used in the study was correlation with a quantitative approach. The sampling technique in this research is Convinience sampling which is included in the non probability side where the sample is selected based on ease of access, availability, and convenience for researchers. The sample in this study amounted to 202 respondents of VII, VIII, IX grade students of SMP Negeri 181 Jakarta. The measuring instrument used in the study is the Psychological Wellbeing Scale from Ryff (1989) and has been adapted by Nurul (2023) and the Parental Discipline Scale from Hoffman (1967) which has been adapted by Anindya (2016) and distributed via google form. Validity test items on the Psychological Wellbeing instrument found 2 invalid items and on the discipline application item found 4 invalid items. Reliability test on the Psychological Well-being variable is 0.741 and on the discipline application variable is 0.740. The results showed that there was a positive correlation between the variable application of parental discipline and the psychological well-being variable in students of SMP Negeri 181 Jakarta, ha was accepted and ho was rejected, the Sig value of 0.000 was smaller than 0.005. The psychological well- being variable is in the Moderate Psychologic category with a percentage of 57.64 and in the variable application of parental discipline is in the moderate category with a percentage of 70.39.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karsih,M.Pd 2). Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Qonita Amalia .
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:16
Last Modified: 26 Mar 2025 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55846

Actions (login required)

View Item View Item