NADILA WIDIA UTAMI, . (2020) PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BOGOR SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER-1815154039.pdf Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (1MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (257kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (608kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (209kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa kelas V SD di Kecamatan Bogor Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Lilliefors dan homogenitas dengan uji Barlett sebagai uji persyaratan data. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan data memiliki varian yang homogen. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung>ttabel yaitu 4,38 > 1,66 , maka H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode guided discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa metode guided discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD. This experimental research aims to determine the effect of guided discovery learning methods on the mathematical problem solving ability in 5th grade student's primary school. The sample in this research was 80 student’s of 5th grade in Bogor Selatan Subdistrict, used multistage simple random sampling technique. The method used is the experimental method, the research design was used pretest-posttest control group design. Data were collected by test instrument for normality test with Lilliefors’s test and homogeneity with Barlett, as a data testing requirements. The results of normality and homogeneity testing indicate that the data normally distributed and data have homogeneous variants. Further, analysis using t-test hypotheses. Based on the results of the t-test calculation, the price of thitung > ttabel is 4.38 > 1.66, then H1 accepted. The results showed that the guided discovery learning method had a significant effect on the mathematical problem solving ability in 5th grade student's primary school. These results indicate that the guided discovery learning method can be used as an alternative in developing the mathematical problem solving ability in 5th grade student's primary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2) Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1635 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 13:23 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 13:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5586 |
Actions (login required)
View Item |