JASMINE FADHIA, . (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT MAGNET MELALUI METODE INKUIRI KELAS V SDN KEBON BARU 09. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Belajar adalah proses perubahan perilaku melalui pengalaman baru yang meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kebon Baru 09 melalui metode inkuiri. Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, penelitian berfokus pada materi sifat-sifat magnet dengan analisis data hasil tes dan observasi siswa. Hasil menunjukkan metode inkuiri efektif meningkatkan hasil belajar dari 75% pada siklu ABSTRAK Belajar adalah proses perubahan perilaku melalui pengalaman baru yang meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kebon Baru 09 melalui metode inkuiri. Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, penelitian berfokus pada materi sifat-sifat magnet dengan analisis data hasil tes dan observasi siswa. Hasil menunjukkan metode inkuiri efektif meningkatkan hasil belajar dari 75% pada siklus I menjadi 96,4% pada siklus II, serta meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Dibandingkan metode ceramah, metode inkuiri memotivasi siswa untuk aktif, berpikir kritis, dan bekerja sama. Metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA atau mata pelajaran lain dengan menciptakan suasana belajar yang interaktif. *** Learning is a process of behavioral change through new experiences that enhance knowledge, skills, and attitudes. This study aims to improve the science learning outcomes of fifth-grade students at SDN Kebon Baru 09 through the inquiry method. Using the Classroom Action Research (CAR) model by Kemmis and McTaggart, the research focuses on the properties of magnets with data analysis from test results and student observations. The results show that the inquiry method is effective in improving learning outcomes from 75% in the first cycle to 96.4% in the second cycle, as well as enhancing teacher and student activities. Compared to the lecture method, the inquiry method motivates students to be active, think critically, and collaborate. This method can be applied in science learning or other subjects by creating an interactive learning environment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Waluyo Hadi, M.Pd; 2). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Jasmine Fadhia . |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 06:15 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |