MEISZARA ANNISA PUTRI, . (2025) PENGARUH DISTRES PSIKOLOGIS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Download (720kB) |
![]() |
Text
BAB 1 - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
BAB 2 - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
Lampiran - Meiszara Annisa Putri (1801620009).pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari distres psikologis terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Dengan perilaku prokrastinasi yang seringkali muncul sebagai respon terhadap tekanan akademik, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana distres psikologis dapat berpengaruh terhadap perilaku prokrastinasi akademik yang dialami mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Variabel prokrastinasi akademik diukur menggunakan Skala Prokrastinasi Akademik yang dikembangkan dari teori Ferrari. Variabel distres psikologis diukur menggunakan instrumen HSCL-25 versi adaptasi bahasa indonesia. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Total sampel yang didapatkan pada penelitian ini adalah sebanyak 112 sampel. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai r sebesar 0.117 yang artinya korelasi antar kedua variabel terlogong lemah. Hasil analisis juga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.219 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh dari distress psikologis terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Kata kunci: distres psikologis, mahasiswa, prokrastinasi akademik ***** This research aims to determine the effect of psychological distress on academic procrastination in university students. With procrastination behavior often appearing as a response to academic pressure, this study aims to see how psychological distress can affect the procrastination by students. This research used quantitative research methods with simple linear regression analysis techniques. The academic procrastination variable was measured using the Academic Procrastination Scale developed from Ferrari's theory. The psychological distress variable was measured using the Indonesian adaptation version of the HSCL-25 instrument. The sampling technique used was purposive sampling. Total sample obtained in this study was 112 samples. The results of simple linear regression analysis showed an r value of 0.117 which means that the correlation between the two variables is weak. The results of the analysis also show a significance value of 0.219 so it can be concluded that there is no effect of psychological distress on academic procrastination in university students. Keywords: academic procrastination, university students, psychological distress
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Phill. Zarina Akbar, M.Psi., Psikolog 2) Irma Rosalinda Lubis, S.Psi., M.Si, Psikolog |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Meiszara Annisa Putri . |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:41 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |