PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI BAHAYA KEBAKARAN DAN UPAYA PENYELAMATAN DIRI DENGAN MEDIA GAME ANIMASI SIMULASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA KELAS V

RIZKY AFERDIANSYAH, . (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI BAHAYA KEBAKARAN DAN UPAYA PENYELAMATAN DIRI DENGAN MEDIA GAME ANIMASI SIMULASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA KELAS V. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan kesiapsiagaan bencana sangat penting bagi semua masyarakat dan harus diajarkan sejak usia dini, karena itu adalah hal yang baik bagi anak-anak Indonesia untuk mengetahui dan memahami pengetahuan kesiapsiagaan tentang bahaya kebakaran. Dalam proses belajar tentang kesiapsiagaan bahaya kebakaran untuk anak-anak, tentu saja dibutuhkan media yang tepat untuk digunakan oleh para peneliti, semakin menarik media yang diterapkan pasti akan memengaruhi jumlah informasi yang dapat diterima oleh siswa. Salah satu media yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat, memahami dan menyampaikan lagi adalah dengan menggunakan media game animasi pendidikan dengan platform Android. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kebakaran dalam bentuk Rencana Implementasi Pembelajaran (RPP) dan media game animasi untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa pada materi bahaya kebakaran dan upaya penyelamatan diri. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dan media game animasi simulasi pada materi bahaya kebakaran dan upaya penyelamatan diri menurut ahli materi, ahli media, ahli konten media kelas V, ahli perangkat pembelajaran (RPP) dikategorikan layak dengan nilai 96% dan untuk perangkat pembelajaran (Silabus) dikategorikan layak dengan mendapatkan nilai 91%. Sedangkan, hasil uji coba pada kelompok besar (30 siswa kelas V SD) dikategorikan reliabel dengan nilai 0,80 dan terdapat kepuasan dengan seluruh butir instrumen memiliki nilai koefisien korelasi diatas 0,3, dengan nilai koefisien tertinggi 1 dan terendah 0,5. Kata kunci: perangkat pembelajaran, media pembelajaran, bahaya kebakaran dan upaya penyelamatan diri ABSTRACT Disaster preparedness education is very important for all communities and should be taught from an early age, because it is a good thing for Indonesian children to know and understand preparedness knowledge about fire hazards. In the process of learning about fire hazard preparedness for children, of course the right media for researchers to use is needed, the more interesting the applied media will certainly affect the amount of information that can be received by students. One of the media that can make it easier for students to remember, understand and convey again is to use educational animation game with the Android platform. This development research aims to produce a fire learning device in the form of a learning implementation plan and educational animated game media in order to increase students' understanding and interest in fire hazard material and self-rescue efforts. The results of the development of learning tools andl animation media games about hazard materials and self-rescue training according to material experts, media experts, class V media content experts, learning device experts are considered feasible with a value of 96% and for learning devices (Syllabus) categorized as feasible by getting a value of 91%. Meanwhile, the results of the trial in a large group (30 students in grade V elementary school) are categorized as reliable with a value of 0.80 and valid with all items having a coefficient value corresponding to 0.3, with the highest coefficient value of 1 and the lowest of 0.5. Keyword: learning tools, fire hazard, learning media, and self-rescue efforts

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). JA'FAR AMIRUDDIN, S.T., M.T. ; 2). Dra. RATU AMILIA AVIANTI, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2042 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2020 12:33
Last Modified: 16 Mar 2020 12:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item View Item