Amelia Nashry, . (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGEMBANGAN DIRI BERPAKAIAN MENGGUNAKAN ALAT BUTTON HOOK BAGI PESERTA DIDIK CEREBRAL PALSY DI SLB D-D1 YPAC JAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas di SLBD-D1 YPAC Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER-NIM.pdf Download (154kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (396kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (337kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (397kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (296kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengembangan diri berpakaian pada peserta didik Cerebral Palsy di SLBD-D1 YPAC Jakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Cerebral Palsy Hemiplegia yang berjumlah 3 peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 10 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berdasarkan pesentase pencapaian yang diperoleh seluruh peserta didik pada siklus I dan siklus II. Subjek KL pada siklus I persentase pencapaian 67%, meningkat menjadi 80% pada siklus II. Subjek AF pada siklus I persentase pencapaian 83%, meningkat menjadi 93% pada siklus II. Subjek NW pada siklus I persentase pencapaian 53%, meningkat menjadi 73% pada siklus II. Implikasi penelitian ini adalah penggunaan alat Button Hook dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan pengembangan diri berpakaian terutama dalam mengancingkan baju. This study aims to improve the self-development skills of dressing for Cerebral Palsy students in SLBD-D1 YPAC Jakarta. The subjects of this study were 3 Cerebral Palsy Hemiplegia students. This study used classroom action research with Kemmis and Mc Taggart's research models conducted in 2 cycles with 10 meetings. Research data obtained from test results and observation sheets. The results showed an increase based on the percentage of achievements obtained by all students in the first cycle and second cycle. KL subjects reached 67%in the first cycleand increased to 80% in the second cycle. AF subjects reached 83%in the first cycleand increased to 93% in the second cycle. NW subject reached 53% in first cycle and increased to 73% in second cycle. The implication of this research isthe Button Hook tool can be used as an alternative in improving the self-development skills of dress, especially in buttoning a shirt.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr.Ishak G Bachtiar,M.Pd ; 2). Dr.Wuryani,M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 533 not found. |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 11:27 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 11:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5603 |
Actions (login required)
View Item |