MODEL PEMBELAJARAN BAURAN KOLABORATIF MENULIS ARGUMENTATIF PADA PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH BERBAHASA INGGRIS

KHERYADI, . (2025) MODEL PEMBELAJARAN BAURAN KOLABORATIF MENULIS ARGUMENTATIF PADA PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH BERBAHASA INGGRIS. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (823kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada tingkat pendidikan tinggi, keterampilan menulis argumentatif dalam pendahuluan artikel ilmiah berbahasa Inggris merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai. Berdasarkan observasi prapenelitian melalui wawancara dan kajian literatur, ditemukan bahwa mahasiswa masih menghadapi kesulitan dalam menyusun argumen yang logis dan terstruktur pada bagian pendahuluan artikel ilmiah. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan prototipe model pembelajaran bauran kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa. Model ini mengintegrasikan pendekatan tatap muka, tatap maya, dan asinkronus dengan pembagian tahapan pre-class, during-class, dan post-class. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) berbasis model Borg and Gall, meliputi analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data kuantitatif diperoleh melalui skor penilaian pakar, angket, dan hasil tes, sementara data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, proses pengembangan model, serta hasil angket terbuka. Model pembelajaran diterapkan dalam rentang waktu Januari hingga Desember 2024. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dengan sampel sebanyak 60 mahasiswa. Hasil validasi kualitatif dari penilaian pakar, wawancara, dan observasi menunjukkan bahwa model pembelajaran ini layak diterapkan. Hasil dari uji efektivitas menunjukkan bahwa Rata- rata skor pre-test adalah 9,92, sementara skor post-test meningkat menjadi 19,08. Selain itu, hasil post-test lebih konsisten, dengan penurunan standar deviasi dari 1,311 menjadi 0,793. Perubahan ini mencerminkan model pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa secara signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bauran kolaboratif efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pada bagian pendahuluan artikel ilmiah berbahasa Inggris. Kata Kunci: Bauran Kolaboratif, Menulis Argumentatif, Pendahuluan Artikel Ilmiah, Model pembelajaran. ************ At the higher education level, argumentative writing skills in the introduction section of English scientific articles are essential to master. Preliminary observations through interviews and literature reviews revealed that students struggle to construct logical and well-structured arguments in this section. Therefore, this study focuses on developing a prototype of a collaborative blended learning model to enhance students' argumentative writing skills. The model integrates face-to-face, online synchronous, and asynchronous approaches, divided into pre-class, during-class, and post-class stages. This research employed a Research and Development (RnD) approach based on the Borg and Gall model, encompassing needs analysis, design, development, implementation, and evaluation. Quantitative data were collected through expert assessments, questionnaires, and test results, while qualitative data were obtained from observations, interviews, development processes, and open- ended questionnaires. The learning model was implemented between January and December 2024, targeting 60 students from the English Education Study Program at UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. The qualitative validation from expert assessments, interviews, and observations indicated that the model is feasible for implementation. Effectiveness tests showed a significant improvement in students' performance, with the average pre-test score of 9.92 rising to 19.08 in the post-test. Furthermore, post-test results were more consistent, with a standard deviation decrease from 1.311 to 0.793. These findings demonstrate the model's effectiveness in significantly improving students' understanding and skills. In conclusion, the collaborative blended learning model effectively enhances students' argumentative writing abilities in the introduction section of English scientific articles. Keywords: Blended Collaborative Learning, Argumentative Writing, Introduction Section, Learning Model.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Muchlas Suseno, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Kheryadi .
Date Deposited: 05 May 2025 03:21
Last Modified: 05 May 2025 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56071

Actions (login required)

View Item View Item