DIDIT ADITIA, . (2025) KONTRIBUSI QUR’AN INSTITUTE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (834kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (767kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (898kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (840kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (1MB) |
Abstract
Didit Aditia, Kontribusi Qur'an Institute Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Qur‘an Institute dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kualitas bacaan AlQur‘an di kalangan mahasiswa, meskipun telah tersedia berbagai lembaga yang menawarkan program peningkatan bacaan Al-Qur‘an. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Qur'an Institute dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur‘an. Kemampuan membaca Al-Qur‘an yang baik mencakup aspek makhorijul huruf, sifat huruf, penerapan kaidah tajwid, serta kelancaran dalam membaca (fashohah). Sebagai lembaga pendidikan berbasis Al-Qur‘an, Qur'an Institute menerapkan berbagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan peserta. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angkaet dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini mencakup peserta yang mengikuti program Studi Qur'an Intensif, para pengurus dan pengajar di Qur'an Insitute. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Qur'an Institute memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta. Hal ini dicapai melalui penerapan program yang bernama Studi Qur'an Intensif, lalu ada metode tajwid terpadu, pembelajaran intensif terkait makhorijul, sifaf huruf, kaidah tajwid dan fashohah. Selain itu, adanya bimbingan individu dan evaluasi berkala turut membantu peserta dalam memperbaiki kesalahan bacaan mereka. Faktor utama yang mendukung keberhasilan program ini antara lain silabus yang sistematis dan terstruktur, para pengajar yang interns dalam mengevaluasi perbaikan bacaan dan juga pengelolaan management administrasi yang mudah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Qur'an Institute memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an para peserta Studi Qur'an Intensif. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup pengembangan peningkatan pelatihan bagi pengajar agar efektivitas pembelajaran semakin optimal, memperbaiki management waktu agar komitmen antara pengajar dan peserta, lalu metode yang variatif juga perluas media pembelajaran berbasis teknologi. Kata Kunci: Qur‘an Institute, kemampuan membaca Al-Qur‘an, pendidikan Islam, metode Utsmani, tahsin
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Andy Hadiyanto, M.A. 2. Dr. Amaliyah, M.Pd. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 27678 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2025 05:31 |
Last Modified: | 06 May 2025 05:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |