INVESTIGASI BENTUK VARIASI DRAFT TUBE PADA TURBIN BANKI TERHADAP ALIRAN SUDU BERBASIS CFD

FADILAH CHAERUL IMAN, . (2020) INVESTIGASI BENTUK VARIASI DRAFT TUBE PADA TURBIN BANKI TERHADAP ALIRAN SUDU BERBASIS CFD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 INVESTIGASI DRAFT TUBE TURBIN BANKI1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 2 INVESTIGASI DRAFT TUBE TURBIN BANKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 INVESTIGASI DRAFT TUBE TURBIN BANKI1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 INVESTIGASI DRAFT TUBE TURBIN BANKI (revisi)2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 INVESTIGASI DRAFT TUBE TURBIN BANKI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan effisiensi merupakan hal yang sangat penting dalam turbin air Banki. Salah satu cara meningkatkan effisiensi adalah dengan memasang draft tube sehingga energi kinetik yang keluar dari turbin dapat diubah menjadi energi tekanan. Tujuan riset ini adalah untuk menginvestigasi variasi bentuk draft tube dari 5 varian. Mulai dari varian DT-1, DT-2, DT-3, DT-4 dan DT-5. Gambar dibuat dalam bentuk 2D menggunakan AutoCad dan gambar desain yang sudah di matangkan di software 2D di buat dalam bentuk 3D kemudian disimulasikan dalam software CFD. Debit air masuk yang digunakan adalah sebesar 0,0333 m3/s, tinggi jatuh 5,5 m. Dari hasil simulasi CFD SolidWork Flow Simulation diperoleh varian DT-3 dan DT-5 yang terbaik dimana aliran pada sudu runner tingkat 1 dan tingkat 2 menghasilkan flow trajectory yang sangat baik dan tidak membentur poros Pada Varian DT-3 walau pada varian DT-5 masih membentur poros. Daya yang diperoleh berdasarkan gaya drag pada sudu berturut – turut adalah 87,1% dan 88,4%. Improvement of efficiency performance is the particular thing in bankie turbine. One of many things to improving the efficiency is installing draft tube at the end of the conduit. Hence, the kinetic energy come out from runner of the turbine could be transform as pressure energy. The purpose of this research is investigating the varie of draft tube shape, research would be investigate 5 variance of draft tube shape. Here are DT-1, DT-2, DT-3, DT-4 and DT-5 variances. Design create in 2D mode with AutoCAD at first and then the optimized design built into 3D mode ready to simulate in CFD software. Inlet mass flow in this research is 0,0333 m3/s, head is 5,5 m. Based on the result form the simulation with CFD SolidWorks Flow Simulation we discover that DT-3 and DT-5 is the best variance which is flow trajectories at the first stage and the second stage blade of runner reaching the best flow trajectory and didn’t strike the shaft of the runner in the DT-3 variance while in the DT-5 variance still strike the shaft of the runner. Energy was gained based on the drag force on the surface of the blade of runner consecutively 87,1% and 88,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sirojuddin, M.T. ; 2). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1382 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 15:42
Last Modified: 12 Mar 2020 15:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5627

Actions (login required)

View Item View Item