ERDYANDRA TRI SANDIVA SITORUS, . (2025) REPRESENTASI BUDAYA PATRIARKI DALAM SUKU BATAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FILM "NGERI-NGERI SEDAP"). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Film sebagai media komunikasi massa memiliki kekuatan untuk menyampaikan berbagai isu sosial dan budaya kepada masyarakat. Pesan-pesan tersebut dikemas melalui tanda-tanda dalam film, yang menjadi representasi dari makna yang ingin disampaikan. Salah satu isu budaya yang diangkat adalah budaya patriarki dalam suku Batak, sebagaimana digambarkan dalam film "Ngeri-Ngeri Sedap". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi budaya patriarki dalam suku Batak yang ditampilkan dalam film “Ngeri-Ngeri Sedap”. Tanda dalam film yang menjadi representasi budaya patriarki dalam suku Batak dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dimana penafsiran makna ditekankan pada denotasi, konotasi, serta mitos. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah jenis penelitian deskriptif. Adapun unit analisis atau hal yang diamati dalam penelitian ini adalah film “Ngeri-Ngeri Sedap”. Terdapat sembilan adegan yang digunakan sebagai subjek penelitian ini, yakni adegan-adegan yang mengandung representasi budaya patriarki dalam suku Batak. Teknik penggalian data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi pada film “Ngeri-Ngeri Sedap” dan sumber data lainnya yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya patriarki dalam film “Ngeri-Ngeri Sedap” terepresentasikan dalam sembilan objek yang telah dipilih. Budaya patriarki dalam suku Batak ini digambarkan melalui karakter Pak Domu yang dominan dalam pengambilan keputusan serta subordinasi gender yang digambarkan melalui karakter Mak Domu dan Sarma. Adapun mitos dalam suku Batak yang menjadi latar belakang adanya budaya patriarki dalam suku Batak adalah sistem adat kekerabatan Dalihan Na Tolu yang memperkuat sentralitas laki-laki dalam struktur sosial keluarga Batak. Kata kunci: Semiotika, Budaya Patriarki, Suku Batak, Film, Representasi Film, as a medium of mass communication, holds the power to convey various social issues to the public. These messages are embedded through signs within the film, which serve as representations of the intended meanings. One such cultural issue presented is patriarchal culture in the Batak ethnic group, as depicted in the film “Ngeri-Ngeri Sedap”. This study aims to analyze how patriarchal culture within the Batak community is represented in the film “Ngeri-Ngeri Sedap” The signs in the film that reflect patriarchal values are examined using Roland Barthes’ semiotic theory, which focuses on the levels of denotation, connotation, and myth. This research employs a qualitative approach with a descriptive research design. The unit of analysis in this study is the film itself, with nine selected scenes as the main subjects. Data collection techniques used include observation and documentation of the film as well as supporting sources relevant to the topic. The results of the study indicate that patriarchal culture is represented in the nine selected scenes. This is portrayed through the character of Pak Domu, who dominates decision-making, and through the gender subordination shown in the characters Mak Domu and Sarma. The myth that underpins this patriarchal culture in the Batak community is the Dalihan Na Tolu traditional system, which reinforces the central role of men in the Batak family's social structure. Keywords: Semiotics, Patriarchal Culture, Batak Ethnic Group, Film, Representation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Wiratri Anindhita, M.SC., CPR 2. Dr. Dini Safitri, S.Sos., M.Si, CPR |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Erdyandra Tri Sandiva Sitorus . |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:04 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |