ALIF AL-HAJJ, . (2025) PENGARUH PESAN KAMPANYE PERINGATAN DARURAT TERHADAP SIKAP MENJAGA DEMOKRASI (Studi Kuantitatif Pada Unggahan Peringatan Darurat di Akun Instagram @narasinewsroom 22 Agustus 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (809kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peneliitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye Peringatan Darurat terhadap sikap menjaga demokrasi. Berdasarkan data yang dirilis oleh The Economist Intelligence Unit (EIU) menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai indeks demokrasi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Pada sistem demokrasi modern setidaknya terdapat beberapa kriteria demokrasi salah satunya adalah keterlibatan publik dalam pengambilan keputusan politik, dalam membentuk sikap masyarakat untuk terlibat menjaga demokrasi penting untu menanamkan pengetahuan terhadap suatu isu kepada masyarakat, salah satunya adalah melalui pesan kampanye. Dalam upaya mengajak masyarakat untuk menjaga demokrasi, Narasi Newsroom menyampaikan pesan kampanye Peringatan Darurat melalui Instagram pada 22 Agustus 2024. Teori yang menjadi landasan pada penelitian ini adalah teori agenda setting yang berpedoman pada tradisi sosiopsikologis. Teori agenda setting mengacu pada asumsi bahwa media mempunyai potensi dalam menyusun isu bagi publik. Terdapat dua variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu variabel pesan kampanye dan variabel sikap. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif eksplanasi serta menggunakan metode survei. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada 100 orang sebagai sampel penelitian yang merupakan pengikut akun Instagram @narasinewsroom dan pernah memberikan komentar atau menyukai unggahan Peringatan Darurat di Instagram @narasinewsroom 22 Agustus 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi reasoning menjadi dimensi dengan nilai tertinggi pada variabel pesan kampanye, sedangkan dimensi cognitive menjadi dimensi dengan nilai tertinggi pada variabel sikap. Berdasarkan hasil uji regresi juga menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,330 menunjukkan terdapat pengaruh positif dari pesan kampanye terhadap nilai sikap. Pada pengujian hipotesis juga diketahui nilai t hitung sebesar 29,409 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,987 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa variabel pesan kampanye memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel sikap. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 89,8% variabel sikap dipengaruhi oleh pesan kampanye. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pesan kampanye Peringatan Darurat yang diunggah di akun Instagram @narasinewsroom 22 Agustus 2024 memberikan pengaruh yang kuat terhadap sikap menjaga demokrasi, meskipun demikian perancang kampanye perlu memperhatikan dalam membuat arah tindakan yang tegas dan jelas serta solusi yang nyata agar pesan dapat dipahami oleh khalayak. The purpose of this study is to determine the effect of the Peringatan Darurat campaign message on attitudes towards maintaining democracy. Based on data released by The Economist Intelligence Unit (EIU), it shows that there has been a decline in the democracy index in Indonesia in the last 10 years. In a modern democratic system, there are at least several criteria for democracy, one of which is public involvement in political decision-making, in forming people's attitudes to be involved in maintaining democracy, it is important to instill knowledge about an issue in the community, one of which is through campaign messages. In an effort to invite the public to maintain democracy, Narasi Newsroom delivered the Peringatan Darurat campaign message via Instagram on August 22, 2024. The theory that underlies this research is the agenda setting theory which is guided by the sociopsychological tradition. Agenda setting theory refers to the assumption that the media has the potential to formulate issues for the public. There are two variables used in this research, independent variable is campaign message and the dependent variable is attitude. This study uses a positivism paradigm with a explanation quantitative approach and uses a survey method. This study was conducted by distributing questionnaires to 100 people as a research sample who are followers of the Instagram account @narasinewsroom and have given comments or likes to the Peringatan Darurat post on Instagram @narasinewsroom August 22, 2024. The results of the study indicate that the reasoning dimension is the dimension with the highest value in the campaign message variable, while the cognitive dimension is the dimension with the highest value in the attitude variable. Based on the results of the regression test, it also shows a regression coefficient value of 0.330 indicating that there is a positive influence of the campaign message on attitude values. In the hypothesis test, it is also known that the tcount value of 29.409 is greater than the ttable value of 1.987 which states that H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that the campaign message variable has a significant influence on the attitude variable. The determination coefficient test shows that 89,8% of the attitude variable is influenced by the campaign message. This study concludes that the Peringatan Darurat campaign message uploaded on the Instagram account @narasinewsroom on August 22, 2024 has a strong influence on attitudes towards maintaining democracy, however, campaign designers need to pay attention to creating a firm and clear direction of action and real solutions so that the message can be understood well by the audience.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dini Safitri, M.Si 2). Nada Arina Romli, M.I.Kom |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Alif Al-Hajj . |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:10 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |