ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DALAM BERBELANJA PRODUK FASHION PADA APLIKASI SHOPEE DI JAKARTA

LULU VIONALITA, . (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DALAM BERBELANJA PRODUK FASHION PADA APLIKASI SHOPEE DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Internet yang terus berkembang dan landscape bisnis yang sudah meluas dengan adanya e-commerce membuat proses jual beli menjadi lebih mudah. Shopee sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dengan kategori produk fashion yang paling banyak terjual, ternyata masih memiliki banyak komentar yang menunjukkan ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan deskripsi kepuasan pelanggan dalam berbelanja produk fashion pada aplikasi e-commerce Shopee di Jakarta. Dengan metode penelitian kuantitatif nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Teknik analisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan, Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengklasifikasi kepuasan ke dalam empat kuadran pada Diagram Kartesius, dan GAP Analysis untuk mengidentifikasi kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan pelanggan. Sampel penelitian terdiri dari 115 responden dengan dominasi perempuan berusia 21 tahun. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan mencapai 84,71% yang berarti sangat puas, didukung oleh harga, emosional, dan kualitas layanan. Peneliti selanjutnya memperluas sampel ke wilayah lain di Indonesia, melibatkan konsumen dengan kelompok usia berbeda, serta menganalisis dimensi biaya dan kualitas layanan yang memiliki kepuasan rendah di penelitian ini. ***** The ever-evolving internet and the expanding business landscape with the presence of e-commerce have made the buying and selling process easier. Shopee, as the most visited e-commerce in Indonesia with the best-selling fashion product category, still has many comments that indicate dissatisfaction. This study aims to determine the level of customer satisfaction and the description of customer satisfaction in shopping for fashion products on the Shopee application in Jakarta. With a nonprobability sampling quantitative research method, namely purposive sampling. The customer satisfaction analysis technique uses the Customer Satisfaction Index (CSI) method to measure the level of satisfaction, Importance Performance Analysis (IPA) method to classify satisfaction into four quadrants in the Cartesian Diagram, and GAP Analysis to identify the gap between expectations and the reality felt by customers. The research sample consisted of 115 respondents with a predominance of women aged 21 years. The results of the study showed that satisfaction reached 84,71%, which means very satisfied, supported by price, emotional, and product quality. Future researchers expand the sample to other regions in Indonesia, involve consumers with different age groups, and analyze the cost and service quality factors that have low satisfaction in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Edo Suryawan Siregar, S.E., M.B.A. ; 2). Shandy Aditya, BIB., MPBS.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Lulu Vionalita .
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:52
Last Modified: 23 Jun 2025 07:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56514

Actions (login required)

View Item View Item