AZRA DIRDA WIBOWO, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI IPA DENGAN BERBANTUAN MEDIA DIORAMA DI KELAS V SDN KARET 04. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFPUS.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Karet 04 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pada topik ekosistem, melalui penerapan pendekatan saintifik yang dibantu dengan media diorama. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini melibatkan 23 siswa kelas V pada tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui tes esai berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, yaitu dari 17,39% pada pra-siklus menjadi 56,52% pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 86,95% pada siklus II, melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sebesar 80%. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan aktivitas guru mencapai 88% dan aktivitas siswa sebesar 82% pada siklus II. Penerapan pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media diorama secara efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi IPA. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar yang bermakna dalam pembelajaran IPA. ***** This study aims to improve the learning outcomes of fifth-grade students at SDN Karet 04 in the Natural Science subject, specifically on the ecosystem topic, through the implementation of a scientific approach assisted by diorama media. This research employed Classroom Action Research (CAR) using the Kemmis and McTaggart model, which consists of three stages: planning, action and observation, and reflection. The study involved 23 fifth-grade students during the 2024/2025 academic year. Data were collected using Higher Order Thinking Skills (HOTS)-based essay tests and observation of teacher and student activities during the learning process. The results showed a significant improvement in student learning outcomes, increasing from 17.39% in the pre-cycle to 56.52% in cycle I, and further to 86.95% in cycle II, surpassing the predetermined success criterion of 80%. Teacher and student activity levels also improved significantly, with teacher activity reaching 88% and student activity 82% in cycle II. The application of the scientific approach combined with diorama media effectively enhanced students’ motivation, engagement, and understanding of the science material. Therefore, this approach is recommended to improve meaningful learning outcomes in science education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Susi Winarni, M.Pd. ; 2) Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | AZRA DIRDA WIBOWO . |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:40 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 02:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |