PUTRI AMELIA, . (2025) PENGARUH POST-TRUTH KAMPANYE POLITIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH GEN Z (Studi Kasus : Pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Tahun 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena post truth dalam kampanye politik di media sosial menjadi permasalahan penting karena berpotensi membentuk persepsi yang menyesatkan dan memengaruhi keputusan politik pemilih pemula. Penelitian ini dilakukan terhadap pengguna Instagram di Indonesia yang merupakan bagian dari Gen Z berusia 17–22 tahun dan memenuhi kriteria sebagai pemilih pemula pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kampanye politik di media sosial Instagram yang mengandung fenomena post truth terhadap keputusan memilih Gen Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann untuk memahami bagaimana realitas politik dibentuk melalui media sosial, serta mengacu pada konsepsi kampanye politik dari Adman Nursal dan keputusan memilih dari Hellweg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye politik di media sosial berpengaruh sebesar 40,1% terhadap keputusan memilih Gen Z. ***** The phenomenon of post-truth in political campaigns on social media has become a significant concern, as it has the potential to shape misleading perceptions and influence the political decisions of first-time voters. This study was conducted among Instagram users in Indonesia who belong to Generation Z, aged 17–22 years, and meet the criteria as first-time voters in the 2024 Presidential and Vice-Presidential Election. The purpose of this research is to identify and analyze the influence of political campaigns on Instagram that contain post-truth elements on Gen Z’s voting decisions. This study employs a quantitative approach using survey methods and purposive sampling techniques. It is grounded in the social construction theory by Peter L. Berger and Thomas Luckmann to understand how political reality is shaped through social media, and it refers to the concepts of political campaigning by Adman Nursal and voting decisions as framed by Hellweg. The results show that political campaigns on social media influence Gen Z’s voting decisions by 40.1%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum. ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami S.KPm, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 28022 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |