MEDIA KARTU KUARTET KARIER SEBAGAI INFORMASI MENGENAI ENAM BIDANG PEKERJAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 156 JAKARTA

FARAHIYAH ANDYTA SAFIRAH, . (2020) MEDIA KARTU KUARTET KARIER SEBAGAI INFORMASI MENGENAI ENAM BIDANG PEKERJAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 156 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kartu kuartet karier sebagai informasi mengenai enam bidang pekerjaan untuk peserta didik kelas VII SMPN 156 Jakarta. Jumlah populasi penelitian sebanyak 273 orang peserta didik dan sampel sebanyak 100 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Tahapan model ADDIE yang telah dilakukan peneliti berupa analisis, desain, dan pengembangan. Alat pengumpul data berupa angket, tes pengetahuan, dan wawancara. Desain produk yang berupa pengembangan dibuat melalui pembuatan konsep desain dan pembuatan gambar desain, serta divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian dari tahap validasi dijadikan bahan dalam melakukan revisi desain. Hasil dari uji validitas oleh ahli media mendapat hasil sebesar 82,5% (Sangat Layak) dan oleh ahli materi mendapat hasil sebesar 83,75% (Sangat Layak). Hasil uji coba penilaian media terhadap kelompok kecil peserta didik mendapat hasil sebesar 85% (sangat layak) dan uji coba ketercapaian tujuan instruksional mendapat hasil sebesar 87,9% (sangat layak). Sehingga, kartu kuartet karier mengenai enam bidang pekerjaan yang dikembangkan oleh peneliti mendapat hasil keseluruhan sebasar 84,78% dan dinyatakan sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. This study aims to develop a quartet card media as an information about six occupations field for students in grade VII at 156 Junior High School Jakarta. The population of research was 273 students and the sample was 100 students. The sampling technique was used by the researcher is the random sampling technique. The research method is the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model. The stages of the ADDIE model that had been done in this research were analysis, design, and development. Data was collected using questionnaires, test, and interviews. The product design that developed made through the creation of design concepts and the creation of design images, and validated by media and material experts. The results from the validation stage became the ingredients for the revision of the design. The results of the validity test with media experts got 82.5% (very eligible) and the material experts got 83.75% (very eligible). The results of the media evaluation trial of the small group of students got a result of 85% (very eligible) and a trial of the attainment of instructional goals got a result of 87.9% (very eligible). Thus, quartet card media about six occupations field that developed by the researcher got a total result of 84.78% and can be declared very eligible to be an instructional media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi. ; 2) Hilma Fitriyani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 2101 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2020 19:02
Last Modified: 23 Mar 2020 19:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item