PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU INOVATIF GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN BEKASI

ATAM SULAEMAN, . (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU INOVATIF GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN BEKASI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Untuk menumbuhkan perilaku inovatif diperlukan peningkatan pada unsur-unsur pendukungnya yang merupakan variabel yang dapat mempengaruhi Perilaku Inovatif Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan instruksional, budaya organisasi, dan kepuasan kerja terhadap perilaku inovatif guru SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Populasi terdiri dari seluruh guru SMPN Kabupaten Bekasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 346 guru dari berbagai SMP Negeri di wilayah tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kepemimpinan instruksional, instrument budaya organisasi, instrumen kepuasan kerja dan instrumen perilaku inovatif guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kepemimpinan instruksional, budaya organisasi, dan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif guru. Temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan model kepemimpinan dan budaya organisasi di sekolah, serta memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan kerja yang pada gilirannya mendorong perilaku inovatif di kalangan guru. Penelitian ini menyarankan perlunya perhatian lebih terhadap aspek-aspek kepemimpinan dan budaya organisasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui inovasi di sekolah. **** To foster innovative behaviour, it is necessary to improve the supporting elements which are variables that can affect Innovative Behaviour This study aims to analyse the effect of instructional leadership, organisational culture, and job satisfaction on the innovative behaviour of public junior high school teachers in Bekasi Regency. The population consists of all junior high school teachers in Bekasi Regency. The sample used in this study was 346 teachers from various public junior high schools in the region. This research approach uses a quantitative approach with a survey method. Data collection techniques used instructional leadership instruments, organisational culture instruments, job satisfaction instruments and teacher innovative behaviour instruments. The data analysis technique used was Structural Equation Modeling (SEM) to test the relationship between variables. Based on the results of the analysis, it was found that instructional leadership, organisational culture, and job satisfaction have a positive and significant influence on teachers' innovative behaviour. The findings make an important contribution to the development of leadership and organisational culture models in schools, as well as providing insights into factors that can increase job satisfaction which in turn encourages innovative behaviour among teachers. This study suggests that more attention needs to be paid to aspects of leadership and organisational culture in an effort to improve the quality of education through innovation in schools.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si 2. Dr. Fakhruddin Arbah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: ATAM SULAEMAN .
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:34
Last Modified: 04 Aug 2025 08:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56852

Actions (login required)

View Item View Item