Teknik Komunikasi Persuasif Trailer Serial Drama Dalam Menarik Minat Audiens (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Terhadap Trailer Squid Game2 Pada Akun @netflixid)

ALLAYSHA MURTIAWANI, . (2025) Teknik Komunikasi Persuasif Trailer Serial Drama Dalam Menarik Minat Audiens (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Terhadap Trailer Squid Game2 Pada Akun @netflixid). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Penayangan trailer pada sebuah serial drama memiliki peran penting dalam menarik minat audiens terhadap suatu tayangan. Seiring berkembangnya platform streaming digital, trailer mulai digunakan sebagai media komunikasi awal untuk membangun ketertarikan audiens terhadap serial yang akan dirilis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik komunikasi persuasif dalam trailer dari serial Squid Game 2 melalui akun YouTube @netflixid, serta membahas makna simbolik yang terdapat dalam trailer. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif dan analisis semiotika Ferdinand de Sauusure dengan pendekatan penanda (signifer) dan petanda (signifed). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi dan dokumentasi beberapa scene dalam trailer yang berdurasi 1 menit 48 detik. Dari hasil observasi tersebut, telah ditemukan 13 scene yang merepresentasikan bentuk teknik komunikasi persuasif yang terdapat dalam trailer Squid Game untuk menarik minat audiens. Hasil penelitian menunjukkan, teknik komunikasi persuasif yang yang ada dalam trailer Squid Game berupa teknik ganjaran, teknik tataan, teknik asosiasi, dan teknik integrasi. Sementara itu, analisis semiotika Ferdinand de Saussure menunjukkan simbol-simbol yang terdapat dalam trailer, membangun ekspektasi dan menciptakan keterikatan emosional audiens. Dengan demikian, hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah penelitian ini memberikan pemahaman komunikasi persuasif dengan pendekatan semiotik pada trailer dapat menjadi sarana efektif menarik minat audiens terhadap serial drama. Kata kunci: Komunikasi persuasif; Semiotika Ferdinand de Saussure; Trailer; Platform streaming; Netflix

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anggun Nadia Fatimah, M.Si 2). Menati Fajar Rizki, M.I.Kom
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Allaysha Murtiawani .
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:22
Last Modified: 04 Aug 2025 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56860

Actions (login required)

View Item View Item