ANALISIS HUBUNGAN FAKTOR KINERJA PELAYANAN BONGKAR MUAT DENGAN BERTHING TIME KAPAL BERMUATAN KOMODITAS BERAS DI DERMAGA POMBO PTP TERMINAL NONPETIKEMAS

HENDRA ZULFIKAR, . (2025) ANALISIS HUBUNGAN FAKTOR KINERJA PELAYANAN BONGKAR MUAT DENGAN BERTHING TIME KAPAL BERMUATAN KOMODITAS BERAS DI DERMAGA POMBO PTP TERMINAL NONPETIKEMAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar pustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan operasional berupa fluktuasi volume bongkar muat dan ketidakteraturan waktu sandar (berthing time) kapal yang dapat mengganggu efisiensi distribusi beras, khususnya beras impor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dimana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 50 responden yang terdiri dari staf rencana dan pengendalian, staf operasional, serta tenaga kerja bongkar muat (TKBM). Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, dan uji korelasi Pearson. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari fasilitas dan peralatan (X1), sumber daya manusia (X2), kegiatan operasional (X3), dan faktor eksternal (X4), sedangkan variabel terikat adalah berthing time (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap berthing time. Fasilitas dan peralatan (X1) memiliki nilai korelasi sebesar -0,311 dengan nilai signifikansi 0.028 (p < 0.05) artinya bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan , sumber daya manusia (X2) sebesar 0,099 dengan nilai signifikansi 0.494 (p > 0.05) artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan, kegiatan operasional (X3) sebesar 0,358 dengan nilai signifikan 0.494 (p > 0.05) artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan, dan faktor eksternal (X4) sebesar 0.133 dengan nilai signifikansi 0.358 (p > 0.05) artinya terdapat hubungan positif yang signifikan. Terdapat dua faktor yatu X1 dan X4 terhadap Y berada dalam kategori hubungan. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kinerja bongkar muat secara internal maupun eksternal dapat secara signifikan menurunkan waktu sandar kapal dan meningkatkan efisiensi operasional pelabuhan. Kata kunci: Bongkar muat, Berthing time, kinerja pelabuhan, PTP Terminal Nonpetikemas, logistik beras. ***** The research background is based on operational issues such as fluctuations in unloading volumes and irregular berthing times, which may hinder the efficiency of rice distribution, particularly for imported rice. This research uses a quantitative method with a correlational approach, in which data were collected through questionnaires distributed to 50 respondents, consisting of planning and control staf, operational staf, and cargo handling workers (TKBM). The data were analyzed using validity tests, reliability tests, descriptive statistics, and Pearson correlation tests. The independent variables in this study include facilities and equipment (X1), human resources (X2), operational activities (X3), and external factors (X4), while the dependent variable is berthing time (Y). The results show that the independent variables have varied relationships with berthing time. Facilities and equipment (X1) have a correlation coefficient of -0.311 with a significance value of 0.028 (p < 0.05), indicating a significant negative relationship. Human resources (X2) have a correlation of 0.099 with a significance value of 0.494 (p > 0.05), indicating no significant relationship. Operational activities (X3) have a correlation of 0.358 with a significance value of 0.494 (p > 0.05), also indicating no significant relationship. Meanwhile, external factors (X4) have a correlation of 0.133 with a significance value of 0.358 (p > 0.05), indicating a weak but positive and insignificant relationship. Two factors, namely X1 and X4, showed meaningful associations with Y. These findings highlight that improving both internal and external aspects of cargo handling performance can contribute to reducing vessel berthing time and enhancing the operational efficiency of the port. Keywords: Cargo handling, Berthing time, Port performance, PTP Terminal Nonpetikemas, Rice logistics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. ; 2). Dr. Winoto Hadi, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Hendra Zulfikar .
Date Deposited: 30 Jul 2025 00:58
Last Modified: 30 Jul 2025 00:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56922

Actions (login required)

View Item View Item