UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV MIN 4 JAKARTA SELATAN

SITI FADIA NABILA, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV MIN 4 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Bab II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa menggunakan metode Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 4 Jakarta Selatan dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV-B yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa dan 17 orang siswi. Model tindakan yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang mana pada setiap siklus terdapat 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa. Pada siklus I sejumlah 18 siswa memeroleh nilai ≥80 dengan presentase sebanyak 51,51%. Pada siklus II sebanyak 25 siswa mendapat nilai ≥80 dengan presentase sebanyak 75,75%. Pada siklus III sebanyak 31 siswa mendapat nilai ≥80 dengan presentase sebanyak 93,93%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 83% sedangkan aktivitas siswa mencapai 75%. Pada siklus II peningkatan telah terjadi pada aktivitas guru sebesar 90% dan aktivitas siswa menjadi 85%. Pada siklus III peningkatan telah terjadi pada aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas siswa menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa. ********* This Classroom Action Research (PTK) aims to improve students' narrative text writing skills using the Mind Mapping method. This research was conducted at MIN 4 South Jakarta with the research subjects were class IV-B students totaling 33 students, consisting of 16 students and 17 female students. The action model used is the Kemmis and Mc. Taggart. The stages of Classroom Action Research are planning, action, observation and reflection. This study consisted of 3 cycles in which each cycle had 4 meetings. Data collection techniques in this study used tests, observations, field notes and documentation. The results showed that the mind mapping method could improve students' narrative text writing skills. In cycle I, 18 students scored ≥80 with a percentage of 51.51%. In cycle II, 25 students scored ≥80 with a percentage of 75.75%. In cycle III, 31 students scored ≥80 with a percentage of 93.93%. Teacher activity in learning cycle I reached 83% while student activity reached 75%. In cycle II, the increase has occurred in teacher activity by 90% and student activity to 85%. In cycle III the increase has occurred in teacher activity by 100% and student activity to 100%. Based on the results of this study, it can be concluded that the application of the mind mapping method in Indonesian language learning can improve students' narrative text writing skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Petrus Paulus Mbette Suhendro, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Fadia Nabila .
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:42
Last Modified: 31 Jul 2025 07:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56982

Actions (login required)

View Item View Item