AMIRAH FAKHRIAH NAZIHAH PELUPESSY, . (2025) PENGARUH MEDIA PERMAINAN UNDERCOVER TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan Undercover terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di SDN Cawang 12. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis berupa soal esai sebanyak 5 soal. Hasil uji statistik menggunakan Paired Samples Test diperoleh hasil thitung kelas eksperimen 17,55 sedangkan ttabel 1,72. Sedangkan, uji-t pada kelas kontrol diperoleh thitung 7,04 sedangkan ttabel 1,72. Pada kelas eksperimen maupun kontrol thitung lebih besar daripada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti kedua kelas menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar. Karena kedua kelas memiliki pengaruh, maka dilihat dari uji N-Gain, kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain sebesar 0,60 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai N-Gain sebesar 0,35. Hal ini menunjukkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media permainan Undercover terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa SD kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila”. ***** This study aims to examine the effect of the Undercover game-based learning media on students’ cognitive learning outcomes in fifth-grade Pancasila Education at SDN Kramat Jati District. This study used an experimental method using a Pretest-Posttest Control Group Design. The sample consisted of students from class VA and class VB. The research instrument was a written test consisting of five essay questions. Statistical analysis using the Paired Samples showed that the experimental class had a tcount was 17,55, while the ttable was 1,72. For the control class tcount was 7,04, while the ttable was 1,72. Since tcount in both classes was greater than the ttable, H0 was rejected and H1 was accepted, indicating an effect on learning outcomes in both classes. However, based on the N-Gain test, the experimental class scored 0.60, while the control class scored 0.35. This indicates that the use of Undercover game-based media had a significant effect on students’ cognitive learning outcomes in the fifth grade Pancasila Education subject.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah M.Pd. ; 2). Yofita Sari, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Amirah Fakhriah Nazihah Pelupessy . |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:54 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 01:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |