Sri Yuniati, . (2025) KEPUASAN KERJA DITINJAU DARI IKLIM ORGANISASI, BEBAN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER OPERATOR SEKOLAH DASAR NEGERI DI JAKARTA SELATAN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (759kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim organisasi, beban kerja, dan pengembangan karier terhadap kepuasan kerja operator Sekolah Dasar Negeri di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini juga mengeksplorasi hubungan mediasi pengembangan karier antara iklim organisasi dan beban kerja terhadap kepuasan kerja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur (path analysis) dan dengan teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equtional Modelling) untuk menguji hubungan antar dimensi maupun indikator. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh operator sekolah dasar di Jakarta Selatan, dengan responden sebanyak 222 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi memiliki pengaruh langsung positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan nilai koefisien jalur sebesar 1,002. Beban kerja juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja, meskipun dengan pengaruh yang lemah (koefisien 0,003). Selanjutnya, pengembangan karier memiliki pengaruh negatif yang kecil tetapi signifikan terhadap kepuasan kerja (koefisien -0,006), yang mengindikasikan perlunya perbaikan dalam implementasi strategi pengembangan karier. Selain itu, ditemukan bahwa iklim organisasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pengembangan karier (koefisien 0,436), sementara beban kerja juga berpengaruh positif terhadap pengembangan karier (koefisien 0,401). Analisis mediasi menunjukkan bahwa pengembangan karier menjadi mediator negatif antara hubungan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja (koefisien -0,003) serta beban kerja terhadap kepuasan kerja (koefisien -0,002). Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun pengembangan karier berpotensi meningkatkan kepuasan kerja, pengelolaan pengembangan karier yang tidak optimal dapat menimbulkan efek negatif. Implikasi teoritis dari penelitian ini menegaskan pentingnya iklim organisasi, pengelolaan beban kerja, dan pengembangan karier sebagai faktor utama dalam model kepuasan kerja operator sekolah. Secara praktis, penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan kepuasan kerja melalui penguatan hubungan interpersonal, pembagian beban kerja yang wajar, peluang pelatihan berbasis kebutuhan, dan insentif berbasis kinerja. Model empirik yang diusulkan memberikan panduan implementasi strategis untuk meningkatkan kepuasan kerja operator sekolah di wilayah Jakarta Selatan, sehingga dapat mendukung kinerja organisasi secara keseluruhan. **** This study aims to analyse the influence of organizational climate, workload, and career development on job satisfaction of state elementary school operators in the South Jakarta area. This study also explores the mediating relationship of career development between organizational climate and workload on job satisfaction. The research method used a quantitative approach with path analysis technique and using SEM (Structural Equtional Modelling) to test the relationship between variables. Data were collected through questionnaires filled out by elementary school operators in South Jakarta, with 222 respondents. The results showed that organizational climate has a significant positive direct effect on job satisfaction, with a path coefficient value of 1.002. Workload also has a significant direct influence on job satisfaction, although with a weak influence (coefficient of 0.003). Furthermore, career development has a small but significant negative influence on job satisfaction (coefficient -0.006), which indicates the need for improvement in the implementation of career development strategies. In addition, it was found that organizational climate had a significant positive effect on career development (coefficient 0.436), while workload also had a positive effect on career development (coefficient 0.401). Mediation analysis showed that career development negatively mediated the relationship between organizational climate and job satisfaction (coefficient -0.003) and workload and job satisfaction (coefficient -0.002). This indicates that although career development has the potential to increase job satisfaction, non-optimal management of career development can have a negative effect. The theoretical implications of this study confirm the importance of organizational climate, workload management and career development as key factors in the model of school operators' job satisfaction. Practically, the study recommends strategies to improve job satisfaction through strengthening interpersonal relationships, reasonable workload sharing, needs-based training opportunities and performance-based incentives. The proposed empiric model provides strategic implementation guidance to improve job satisfaction of school operators in the South Jakarta area, thereby supporting overall organizational performance.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd 2. Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Sri Yuniati . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |