INGGIT DWI ANGGORO, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL LITERASI NUMERASI BERBASIS BUDAYA BETAWI UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (822kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menekankan betapa pentingnya memiliki kemampuan literasi numerasi. Tidak sekadar mempelajari angka, namun mampu mengimplementasikan konsep matematis pada konteks kehidupan. Hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar masih belum memenuhi standar internasional. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan produk berupa modul literasi numerasi berbasis budaya Betawi untuk kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini meliputi tiga dosen ahli dan 12 siswa SDN Klender 10 Pagi Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Uji kelayakan ahli, modul “Senangnya Belajar Matematika melalui Jelajah Betawi” memperoleh rerata persentase sebesar 96.3%. Kedua, uji kelayakan pengguna memperoleh rerata persentase 99.12%. Hal ini menunjukkan bahwa modul “Senangnya Belajar Matematika melalui Jelajah Betawi” sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran Matematika kelas V sekolah dasar, khususnya untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu, dengan adanya pengembangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk menciptakan media pembelajaran yang bersifat kontekstual. ***** The 21st century learning emphasizes the importance of numeracy literacy. It is not only about learning numbers but also about implementing mathematical concepts in real-life contexts. PISA 2022 results show that the numeracy literacy skills of elementary school students still do not meet international standards. Therefore, this study aims to produce and determine the feasibility of products in the form of Betawi culture-based numeracy literacy modules for fifth-grade elementary students. This study used the Research and Development method with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This study involved three expert lecturers and 12 students of SDN Klender 10 Pagi Jakarta Timur. Data collection techniques were conducted through observation, questionnaires, and interviews and analyzed using quantitative descriptive and qualitative analysis. From the expert feasibility test, the module “Senangnya Belajar Mathematics melalui Jelajah Betawi” obtained an average percentage of 96.3%. Second, the user feasibility test obtained an average percentage of 99.12%. This shows that the module “Senangnya Belajar Matematika melalui Jelajah Betawi” is highly feasible to use in the learning process of grade V elementary school mathematics, especially to improve numeracy literacy skills. Thus, this development is expected to be an inspiration for teachers to create learning media that is contextual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Endang M. Kurnianti, M. Ed. ; 2). Petrus Paulus Mbette Suhendro, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Inggit Dwi Anggoro . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |