MODEL PERMAINAN TEQBALL UNTUK ANAK USIA DINI (6-8 TAHUN)

ALFATH PRATAMA SIREGAR, . (2025) MODEL PERMAINAN TEQBALL UNTUK ANAK USIA DINI (6-8 TAHUN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan membuat model permainan teqball untuk anak usia dini (6-8 tahun) dalam aspek meningkatkan minat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Hasil validasi dan revisi para ahli menciptakan 13 model permainan teqball yang kemudian di implementasikan pada subjek penelitian yaitu 10 anak usia dini di lingkungan RW 6, Kayu putih kecamatan pulogadung, kota jakarta timur dan menghasilkan buku model permainan teqball dengan 13 variasi permainan yang layak diterapkan. Keunggulan permainan ini adalah kemudahan dalam bermain, tidak memerlukan alat yang sulit ditemukan, dan memberikan aktivitas yang menyenangkan dengan banyak manfaat. Hasil impelementasi permainan teqball untuk anak usia dini menunjukan peningkatan minat yang signifikan, hasil tes awal menunjukan nilai sebanyak 502 dengan rata-rata setiap anak mendapat hasil 50%, dan hasil tes akhir mendapatkan nilai sebanyak 805 dengan rata-rata setiap anak mendapat hasil 81%. Setelah melalui proses presentase maka hasil efektivitas yang didapatkan oleh anak usia 6-8 tahun melalui model permainan teqball untuk anak usia dini 6-8 tahun sejumlah 62%. Hal ini membuktikan bahwa model permainan teqball efektif untuk meningkat kan minat pada anak usia dini 6-8 tahun. Kata kunci : Model, Permainan, Teqball, Anak Usia Dini (6-8 Tahun) ABSTRACT This study aims to create a teqball game model for early childhood (6-8 years) in terms of increasing interest. The research method used in this study is Research and Development using the ADDIE model. The results of the validation and revision of the experts created 13 teqball game models which were then implemented on the research subjects, namely 10 early childhood children in the RW 6 environment, Kayu Putih, Pulogadung District, East Jakarta City and produced a teqball game model book with 13 variations of the game that are feasible to apply. The advantages of this game are ease of play, do not require tools that are difficult to find, and provide fun activities with many benefits. The results of the implementation of the teqball game for early childhood showed a significant increase in interest, the initial test results showed a value of 502 with an average of each child getting a result of 50%, and the final test results got a value of 805 with an average of each child getting a result of 81%. After going through the presentation process, the results of the effectiveness obtained by children aged 6-8 years through the teqball game model for early childhood 6-8 years were 62%. This proves that the teqball game model is effective in increasing interest in early childhood 6-8 years. Keywords : Game Model, Teqball, Early Childhood (6-8 Years)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd 2. Masnur Ali, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Alfath Pratama Siregar .
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:08
Last Modified: 01 Aug 2025 09:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57368

Actions (login required)

View Item View Item