PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BKELURAHAN UJUNG MENTENG

ADE TRIANI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BKELURAHAN UJUNG MENTENG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup (1)-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Ujung Menteng. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang terdiri dari soal pilihan ganda, isian, angket dan pengamatan yang telah dihitung rata-ratanya. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 67,2 dan posttest mencapai 84,8, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 66,3 dan posttest 77,1. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (0.200 > 0,05). Uji homogenitas dengan ANOVA menunjukkan bahwa varians kedua kelompok adalah homogen (0.174 > 0,05). Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa. Dengan demikian, media audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS. ***** This study aims to examine the effect of using audio-visual media on students' learning outcomes in the Social Studies subject (IPS) at the State Elementary School of Ujung Menteng. The method used is quantitative with a quasi-experimental design. The research sample consisted of two classes: the experimental class, which used audio-visual media, and the control class, which used conventional teaching media. Data were collected through pretests and posttests consisting of multiple-choice questions, short answers, questionnaires, and observations, which were averaged. The analysis showed that the average pretest score of the experimental class was 67.2, and the posttest score reached 84.8, while the control class had an average pretest score of 66.3 and a posttest score of 77.1. The normality test using the Kolmogorov-Smirnov method indicated that the data were normally distributed (0.200 > 0.05). The homogeneity test using ANOVA showed that the variances of both groups were homogeneous (0.174 > 0.05). The hypothesis test using an independent sample t-test resulted in a significance value of 0.000, indicating a significant effect of using audio-visual media on students’ Social Studies learning outcomes. Thus, audio-visual media is proven to be effective in improving students’ performance in Social Studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Arifin Maksum,S.Pd,M.Pd.; 2). Taofik,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ade Triani .
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:54
Last Modified: 04 Aug 2025 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57515

Actions (login required)

View Item View Item