PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN DUKUNGAN GURU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

EKA NUR PEBRIYANTI MUCHTAR, . (2025) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN DUKUNGAN GURU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
file COVER SKRIPSI EKA-merged-pages-pages.pdf

Download (1MB)
[img] Text
file BAB I SKRIPSI EKA.pdf

Download (595kB)
[img] Text
file BAB 2 SKRIPSI EKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
file BAB 3 SKRIPSI EKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
file BAB 4 SKRIPSI EKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
file BAB 5 SKRIPSI EKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
file DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI EKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
file LAMPIRAN SKRIPSI EKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi merupakan salah satu kemampuan yang perlu diperhatikan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa yaitu dengan adanya keterlibatan orang tua dan dukungan sosial yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua (X1) dan dukungan guru (X2) terhadap kemampuan literasi siswa (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan melakukan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes terhadap 154 siswa kelas 8 di SMPN 97 Jakarta pada Februari – Mei 2025. Hasil yang diperoleh dari uji partial test didapatkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara keterlibatan orang tua terhadap kemampuan literasi siswa dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,421 > 0,05 dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan guru terhadap kemampuan literasi siswa dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,370 > 0,05. Orang tua dan guru memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing dalam proses pembelajaran anak. Hasil yang diperoleh dari nilai signifikansi regresi logistik biner yaitu sebesar 0,289 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel keterlibatan orang tua dan dukungan guru secara bersama-sama tidak mempengaruhi model. Keterlibatan orang tua dan dukungan guru merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa. Dalam proses pengembangannya, beberapa faktor internal mungkin dapat berpengaruh pada kemampuan literasi siswa diantaranya seperti minat membaca, motivasi belajar, dan intelegensi siswa sehingga dibutuhkan analisis lebih lanjut dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kata Kunci: dukungan guru, kemampuan literasi, keterlibatan orang tua*****Literacy plays a crucial role that need to be considered to improve the quality of education in Indonesia. Factors that can influence students' literacy abilities are parental involvement and social support provided by teachers. This study was conducted with the aim of determining the effect of parental involvement (X1) and teacher support (X2) on students' literacy abilities (Y). This study used an associative quantitative method by collecting data using questionnaires and tests on 154 8th grade students at SMPN 97 Jakarta in February - May 2025. The results of the partial test showed that parental involvement had no significant effect on students' literacy abilities, with a significance value of 0,421> 0,05. Similarly, teacher support also had no significant effect on students' literacy abilities, with a significance value of 0,370> 0,05, so it can be concluded that the variables of parental involvement and teacher support together do not affect the model. Parents and teachers have their respective roles and responsibilities in the child's learning process. The results obtained from the binary logistic regression significance value were 0,289 > 0,05, so it can be concluded that the variables of parental involvement and teacher support together do not affect the model. Parental involvement and teacher support are external factors that can influence students' literacy skills. In the development process, several internal factors may influence students' literacy skills, such as reading interest, learning motivation, and student intelligence, so further analysis is needed to improve students' literacy skills. Keywords: literacy skills, parental involvement, teacher support

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, M.Si. ; 2). Maya Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Eka Nur Pebriyanti Muchtar .
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:16
Last Modified: 05 Aug 2025 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57539

Actions (login required)

View Item View Item