IMPLEMENTASI PERENCANAAN PENDIDIKAN BERBASIS DATA (PBD) DI TK NEGERI SUNTER AGUNG DAN TK ISLAM AL AMANAH JAKARTA UTARA

FANI RISDAYANTI, . (2025) IMPLEMENTASI PERENCANAAN PENDIDIKAN BERBASIS DATA (PBD) DI TK NEGERI SUNTER AGUNG DAN TK ISLAM AL AMANAH JAKARTA UTARA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan pendidikan berbasis data adalah pendekatan strategis bagi sekolah yang menggunakan rapor pendidikan sebagai data primernya dan data lainnya sebagai dasar untuk proses perencanaan dan pengambilan keputusan di unit pendidikan. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan TK Negeri Sunter Agung dan TK Islam Al Amanah Jakarta Utara sebagai lokasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan pelaksanaannya, tahapan identifikasi-refleksi-perbaikan yang digunakan dalam penyusunan rencana kegiatan tahunan dan rencana kegiatan serta anggaran sekolah, peluang dan tantangan, serta tindak lanjut pelaksanaan perencanaan pendidikan berbasis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tersebut telah dilakukan secara aktif di TK Negeri Sunter Agung dan TK Islam Al Amanah sejak tahun ajaran 2022/2023. Banyak pemangku kepentingan terlibat dalam pelaksanaan perencanaan pendidikan berbasis data. Pelaksanaan perencanaan pendidikan berbasis data dilakukan secara sistematis sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Penggunaan laporan pendidikan sebagai sumber data digunakan dalam tahap identifikasi-refleksi-perbaikan untuk menyiapkan rencana kegiatan tahunan dan rencana kegiatan serta anggaran sekolah. Secara keseluruhan, pelaksanaan perencanaan pendidikan berbasis data dilakukan secara kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun masih ada tantangan dalam meningkatkan kompetensi literasi data dan masalah teknis dalam sistem pengadaan. ***** Data-based education planning is a strategic approach for schools that uses primary data from educational reports and other data as the basis for planning and decision-making processes in educational units. This research is a qualitative study with a case study approach, using TK Negeri Sunter Agung and TK Islam Al Amanah North Jakarta as the research sites. The data collection methods used are interviews, observations, and document studies. The purpose of this research is to analyze the stages of its implementation, the identification-reflection-improvement stages used in the preparation of annual activity plan and school activity and budget plan, opportunities and challenges, as well as the follow-up on data-based education planning implementation. The research results show that the implementation of it has been actively carried out at TK Negeri Sunter Agung and TK Islam Al Amanah since the 2022/2023 academic year. Many stakeholders are involved in the implementation of data-based education planning. The implementation of data-based education planning is carried out systematically in accordance with the directives by Ministry of Primary and Secondary Education. The use of educational reports as a data source is utilized in the identification-reflection-improvement stages to prepare the annual activity plan and school activity and budget plan. Overall, the implementation of Data-based education planning is carried out collaboratively to improve the quality of education, although there are still challenges in enhancing data literacy competence and technical issues in the procurement system.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Masduki, S.H., M.M ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Fani Risdayanti .
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:10
Last Modified: 06 Aug 2025 08:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57560

Actions (login required)

View Item View Item