PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DIGITAL BERBASIS QUIZLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENELADANI JEJAK LANGKAH ULAMA INDONESIA YANG MENDUNIA

ELSA TRI LESTARI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DIGITAL BERBASIS QUIZLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENELADANI JEJAK LANGKAH ULAMA INDONESIA YANG MENDUNIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang Mendunia di SMAN 98 Jakarta, (2) Merancang media pembelajaran flashcard digital berbasis Quizlet, (3) Mengembangkan produk media pembelajaran flashcard digital berbasis Quizlet yang interaktif, (4) Mengimplementasikan media pembelajaran flashcard digital berbasis Quizlet untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMAN 98 Jakarta, dan (5) Mengevaluasi hasil penggunaan media pembelajaran flashcard digital berbasis Quizlet. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) level 3 dengan model ADDIE. Tahap analisis menunjukkan perlunya media yang interaktif dan visual untuk mengatasi rendahnya pemahaman siswa. Tahap desain dilakukan dengan menyusun alur dan tampilan media. Pada tahap pengembangan, media dibuat menggunakan Canva dan Quizlet, lalu divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa. Tahap implementasi menunjukkan respons yang sangat positif, dengan penilaian dari guru sebesar 98% dan siswa sebesar 93,42%. Berdasarkan hasil analisis, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 70%, serta terdapat perbedaan yang bermakna antara skor pretest dan posttest melalui uji Paired Sample T-Test, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Evaluasi awal melalui uji keterbacaan dan hasil belajar menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard digital berbasis Quizlet layak digunakan dan bermanfaat dalam membantu pemahaman siswa terhadap materi Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang Mendunia. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flashcard Berbasis Quizlet, Hasil Belajar Siswa. ***** This research aims to: (1) Analyze the need for instructional media on the topic Emulating the Steps of World-renowned Indonesian Ulama at SMAN 98 Jakarta, (2) Design a digital flashcard learning media using Quizlet, (3) Develop an interactive Quizlet-based flashcard learning product, (4) Implement the digital flashcard learning media based on Quizlet to improve students’ learning outcomes in grade XI at SMAN 98 Jakarta, and (5) Evaluate the outcomes of using the Quizlet-based digital flashcard media. This research adopts a Level 3 Research and Development (R&D) approach using the ADDIE model. The analysis phase indicated the necessity for interactive and visual media to address students’ low comprehension levels. In the design phase, the flow and appearance of the media were structured. The development stage involved creating the media using Canva and Quizlet, followed by validation from content, media, and language experts. The implementation phase received very positive responses, with ratings of 98% from the teacher and 93.42% from the students. Based on the analysis results, there was a 70% improvement in students’ learning outcomes, and a meaningful difference between pretest and posttest scores was found through the Paired Sample T-Test, with a significance value of 0.000 (p < 0.05). The initial evaluation through readability testing and learning outcome analysis indicated that the Quizlet-based digital flashcard media is feasible and useful in enhancing students’ understanding of the topic Emulating the Steps of World-renowned Indonesian Ulama. Keywords: Learning Media, Quizlet-Based Flashcards, Student Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rihlah Nur Aulia, M.A. ; 2) Dr. Muhamad Ridwan Effendi, S.Pd.I., M.Ud.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elsa Tri Lestari .
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:03
Last Modified: 04 Aug 2025 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57590

Actions (login required)

View Item View Item