PERANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TEKNIK AUDIO VIDEO KELAS XII SMK PENJURUSAN MULTIMEDIA DENGAN MENERAPKAN METODE LUTHER-SUTOPO

HABIB LUTFI PAMUNGKAS, . (2025) PERANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TEKNIK AUDIO VIDEO KELAS XII SMK PENJURUSAN MULTIMEDIA DENGAN MENERAPKAN METODE LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MAKALAH KOMPREHENSIF HABIB LUTFI PAMUNGKAS 1-9.pdf

Download (904kB)
[img] Text
MAKALAH KOMPREHENSIF HABIB LUTFI PAMUNGKAS-10-13.pdf

Download (120kB)
[img] Text
MAKALAH KOMPREHENSIF HABIB LUTFI PAMUNGKAS-14-29.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
MAKALAH KOMPREHENSIF HABIB LUTFI PAMUNGKAS-30-57.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
MAKALAH KOMPREHENSIF HABIB LUTFI PAMUNGKAS-58-60.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
MAKALAH KOMPREHENSIF HABIB LUTFI PAMUNGKAS-61-62.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara materi ajar konvensional dengan kebutuhan industri yang dinamis, serta perlunya media pembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XII SMK Jurusan Multimedia pada mata pelajaran Teknik Audio Video. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk video pembelajaran yang valid, praktis, efektif, dan selaras dengan tuntutan dunia kerja melalui penerapan metode Luther Sutopo. Metode pengembangan ini diimplementasikan melalui kerangka kerja MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Prosesnya terdiri dari Concept yang mencakup studi lapangan dan literatur, Design yang merupakan sebuah perancangan isi dari video pembelajaran yang akan dihasilkan, Material Collecting yang merupakan tahapan pengumpulan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, Assembly yang merupakan tahap eksekusi atau produksi berdasarkan pada desain yang telah dirancang, dan Testing yang merupakan tahapan pengujian hasil kepada Ahli Materi, Ahli Media, dan Peserta Didik selaku responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran. Siswa memberikan umpan balik positif terkait kualitas video, kemudahan penggunaan, dan relevansi materi dengan praktik profesional. Guru juga menilai video ini sebagai alat bantu yang bermanfaat untuk mendukung proses pembelajaran di kelas. Serta diharapkan kompetensi yang didapat oleh peserta didik selaras dengan kebutuhan industri. ***** This research was motivated by the gap between conventional teaching materials and the dynamic needs of the industry, as well as the need for more engaging learning media to improve the understanding of 12th-grade students in the Multimedia Vocational High School on the subject of Audio-Video Engineering. Therefore, this study aims to develop a learning video product that is valid, practical, effective, and aligned with the demands of the world of work through the application of the Luther-Sutopo method. This development method is implemented through the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) framework. The process consists of the Concept stage, which includes field and literature studies; the Design stage, which involves planning the content of the learning video to be produced; the Material Collecting stage, which is the process of gathering the necessary materials and equipment; the Assembly stage, which is the execution or production phase based on the designed plan; and the Testing stage, which involves testing the results with a Subject Matter Expert, a Media Expert, and students as respondents. The results of the study indicate that the developed learning video is effective in enhancing student understanding and is declared highly feasible as a learning medium. Students provided positive feedback regarding the video quality, ease of use, and relevance of the material to professional practice. Teachers also rated this video as a useful tool to support the learning process in the classroom. It is also expected that the competencies acquired by the students will be in line with industry needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Wiranti Kusuma Hapsari S.Kom., M.Cs.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Habib Lutfi Pamungkas .
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:41
Last Modified: 04 Aug 2025 07:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57592

Actions (login required)

View Item View Item