HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM AKTIVITAS BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS V SD DI KELURAHAN RAWAMANGUN

TITANIA DHIYA ULHAQ, . (2025) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM AKTIVITAS BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MUATAN PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS V SD DI KELURAHAN RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN (4)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada jenjang sekolah dasar yang disebabkan oleh rendahnya keterlibatan orang tua dalam aktivitas belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua dalam aktivitas belajar dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V sekolah dasar dalam muatan pembelajaran seni rupa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas V SD Negeri di wilayah Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 6 sekolah. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh peserta didik kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi, Jakarta Timur sejumlah 80 peserta didik sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes untuk variabel berpikir kreatif dan non-tes untuk variabel keterlibatan orang tua. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian diuji menggunakan uji prasyarat dan dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. = 0,019 (Sig.< 005). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dalam aktivitas belajar dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2024/2025 dalam muatan pembelajaran seni rupa. ***** This study was motivated by the low creative thinking ability of students at the elementary school level caused by the low involvement of parents in children's learning activities. This study aims to determine the relationship between parental involvement in learning activities and the creative thinking ability of grade V elementary school students in the content of fine arts learning. The research method used is quantitative method with correlational approach. The population in this study were all fifth grade students of public elementary schools in the Rawamangun Village area, East Jakarta in the 2024/2025 academic year, totaling 6 schools. The sample selection was carried out using cluster random sampling technique, so that 80 students of grade V SDN Rawamangun 01 Pagi, East Jakarta were obtained as samples in the study. Data collection techniques were obtained using tests for creative thinking variables and non-tests for parental involvement variables. The collected data were analyzed using validity and reliability tests. Then tested using the prerequisite test and continued with hypothesis testing. The results showed that the value of Sig. = 0.019 (Sig.< 005). So it can be concluded that there is a relationship between parental involvement in learning activities and the creative thinking ability of fifth grade elementary school students in Rawamangun Village, East Jakarta in the 2024/2025 academic year in the content of fine arts learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.; 2). Yofita Sari, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Kesenian > Seni (umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Titania Dhiya Ulhaq .
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:12
Last Modified: 04 Aug 2025 05:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57659

Actions (login required)

View Item View Item