FEBE PATRICIA LAWALATA, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT MODIFIKASI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SISWA KELAS VA SDN CEMPAKA PUTIH TIMUR 01Pagi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
Lampiran (5)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VA SDN Cempaka Putih Timur 01Pagi melalui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) yang dimodifikasi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap sintak/langkah TGT dipadukan dengan karakteristik RME, yakni: penyajian materi menghubungkan konteks nyata dan penggunaan model, kerja kelompok meningkatkan interaktivitas dan pembelajaran aktif, permainan menghubungkan konsep dan membuat pembelajaran interaktif, turnamen meningkatkan interaktivitas dan pembelajaran aktif, serta pengakuan tim. Data dikumpulkan melalui pengamatan tindakan aktivitas, tes, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai sesuai KKTP (≥ 65) dari 29,03% pada siklus I, menjadi 58,06% pada siklus II, dan mencapai 83,87% pada siklus III. Keterlibatan siswa juga meningkat pada setiap siklus. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi dan memahami soal cerita. Pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan bermakna ***** This study aims to improve the problem-solving ability in mathematical word problems of fifth-grade students at SDN Cempaka Putih Timur 01Pagi through the application of the Teams Games Tournament (TGT) method modified with the Realistic Mathematics Education (RME) approach. This research is a Classroom Action Research (CAR) using the Kemmis & McTaggart design, conducted in three cycles. Each step of TGT was integrated with RME characteristics, namely: presenting material using real-life contexts and models, group work to enhance interactivity and active learning, games to connect concepts and create interactive learning, tournaments to increase student engagement, and team recognition to foster motivation. Data were collected through observation, tests, and documentation, and analyzed descriptively. The results showed an increase in the number of students achieving the Minimum Mastery Criterion (≥ 65), from 29.03% in cycle I, to 58.06% in cycle II, and reaching 83.87% in cycle III. Student engagement also improved in each cycle. Students became more active in discussions and better at understanding word problems. Learning became more enjoyable and meaningful.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Yurniwati, M.Pd; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Febe Patricia Lawalata . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:14 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |