KHAULA ASY ASAFAH, . (2020) Pengembangan Paper Tole Sebagai Media Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover -nim.pdf Download (289kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (414kB) |
|
Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf Download (362kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (282kB) |
|
Text
lembar originalitas.pdf Download (315kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (420kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
|
Text
Lampiran .pdf Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP .pdf Download (218kB) |
Abstract
PENGEMBANGAN PAPER TOLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR 2020 Khaula Asy Asafah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Paper Tole sebagai media pembelajaran berbicara siswa kelas II Sekolah Dasar dan untuk mengetahui kelayakan media Paper Tole. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II A SDN Menteng Atas 01 Pagi, Jakarta Selatan. Model Pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan implikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil rekapitulasi media Paper Tole yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan nilai 100%, ahli materi mendapatkan nilai 95%, dan ahli bahasa mendapatkan nilai 95%. Hasil rekapitulasi uji coba siswa kelas II pada tahap One to one evaluation melibatkan 3 siswa mendapatkan nilai 100%, pada tahap Small group melibatkan 9 siswa mendapatkan nilai 91,2%, dan pada tahap uji coba Field test melibatkan 18 siswa mendapatkan nilai 93,35%. Oleh karena itu, media Paper Tole dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan pada pembelajaran berbicara siswa kelas II Sekolah Dasar. Kata Kunci: Paper Tole, Pembelajaran Berbicara, ADDIE. THE DEVELOPMENT OF PAPER TOLE MEDIA INTERACTIVE LEARNING AT SECOND GRADERS OF ELEMENTARY SCHOOL 2020 Khaula Asy Asafah ABSTRACT This depelopment research aims to develop a Paper Tole media on interactive learning at second graders of elementary school and to find out the feasibility of the media and the enthusiasm at second graders of SDN Menteng Atas 01 Pagi South Jakarta. The development model used is the ADDIE model with the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques used were observation, interviews, and questionnaires. The recapitulation results of the media Paper Tole conducted by media expert scored 100%, material expert scored 95%, and linguists scored 95%. The recapitulation of second graders trials in the one to one evaluation stage involving 3 students scored 100%, in the small group stage involving 9 students scored 91,2%, and in the field test group stage involving 18 students scored 93,35%. Therefore, this Paper Tole can be said as a valid and feasible to be used in interactive learning for second graders at elementary school. Keyword : Paper Tole, Interactive Learning, ADDIE
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. Gusti Yarmi, M. Pd 2.) Dra. Nina Nurhasanah, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1388 not found. |
Date Deposited: | 27 Mar 2020 19:36 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 19:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5779 |
Actions (login required)
View Item |