Pengembangan Paper Tole Sebagai Media Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar

KHAULA ASY ASAFAH, . (2020) Pengembangan Paper Tole Sebagai Media Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover -nim.pdf

Download (289kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (414kB)
[img] Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (362kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (282kB)
[img] Text
lembar originalitas.pdf

Download (315kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP .pdf

Download (218kB)

Abstract

PENGEMBANGAN PAPER TOLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR 2020 Khaula Asy Asafah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Paper Tole sebagai media pembelajaran berbicara siswa kelas II Sekolah Dasar dan untuk mengetahui kelayakan media Paper Tole. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II A SDN Menteng Atas 01 Pagi, Jakarta Selatan. Model Pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan implikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil rekapitulasi media Paper Tole yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan nilai 100%, ahli materi mendapatkan nilai 95%, dan ahli bahasa mendapatkan nilai 95%. Hasil rekapitulasi uji coba siswa kelas II pada tahap One to one evaluation melibatkan 3 siswa mendapatkan nilai 100%, pada tahap Small group melibatkan 9 siswa mendapatkan nilai 91,2%, dan pada tahap uji coba Field test melibatkan 18 siswa mendapatkan nilai 93,35%. Oleh karena itu, media Paper Tole dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan pada pembelajaran berbicara siswa kelas II Sekolah Dasar. Kata Kunci: Paper Tole, Pembelajaran Berbicara, ADDIE. THE DEVELOPMENT OF PAPER TOLE MEDIA INTERACTIVE LEARNING AT SECOND GRADERS OF ELEMENTARY SCHOOL 2020 Khaula Asy Asafah ABSTRACT This depelopment research aims to develop a Paper Tole media on interactive learning at second graders of elementary school and to find out the feasibility of the media and the enthusiasm at second graders of SDN Menteng Atas 01 Pagi South Jakarta. The development model used is the ADDIE model with the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques used were observation, interviews, and questionnaires. The recapitulation results of the media Paper Tole conducted by media expert scored 100%, material expert scored 95%, and linguists scored 95%. The recapitulation of second graders trials in the one to one evaluation stage involving 3 students scored 100%, in the small group stage involving 9 students scored 91,2%, and in the field test group stage involving 18 students scored 93,35%. Therefore, this Paper Tole can be said as a valid and feasible to be used in interactive learning for second graders at elementary school. Keyword : Paper Tole, Interactive Learning, ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Gusti Yarmi, M. Pd 2.) Dra. Nina Nurhasanah, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1388 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2020 19:36
Last Modified: 27 Mar 2020 19:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item View Item